Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, October 4, 2023

(LARANGAN) Menghormati Orang Dengan Membungkukkan Badan

(LARANGAN) Menghormati Orang Dengan Membungkukkan Badan
Bismillah...

Menghormati orang dengan cara membungkukkan badan terlarang dalam islam. Apalagi membungkukkan badan dalam rangka penghormatan dihadapan kuburan atau patung. 

Berkata Anas bin Maalik radhiyallahu anhu,

قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيَنْحَنِي بَعْضُنَا لِبَعْضٍ ؟ قَالَ: ” لَا “

Kami pernah bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah sebagian kami boleh membungkukkan badan kepada sebagian yang lain (saat bertemu) ?”. Beliau menjawab : “Tidak boleh. (HR. Ibnu Majah. Hadits Hasan).

Dan berkata Anas Bin Malik radhiyallahu anhu, 

يا رسول الله الرجل منا يلقى أخاه أو صديقه أينحني له؟ قال: لا. 

Wahai Rasulullah ada seorang di antara kami berjumpa dengan saudaranya atau temannya, apakah dia boleh membungkukkan badan kepadanya?” Jawaban Nabi, “Tidak boleh. (HR. Tirmidzi : Hadits Hasan).

Berkata Imam Ibnu ‘Allan Asy Syafi'iy rahimahullah, 

ومن البدع المحرمة الانحناء عند اللقاء بهيئة الركوع.

Termasuk bid’ah yang diharamkan adalah penghormatan saat berjumpa dengan cara rukuk. (Dalilul Falihin, 6/181). 

Berkata Imam Al Bujairimi Asy Syafi’iy rahimahullah, 

الانحناء لمخلوق كما يفعل عند ملاقاة العظماء حرام عند الإطلاق أو قصد تعظيمهم لا كتعظيم الله، وكفر إن قصد تعظيمهم كتعظيم الله تعالى

Membungkuk kepada makhluk, sebagaimana yang dilakukan saat berjumpa dengan para pembesar adalah haram secara mutlak.

Atau untuk memuliakan mereka, walau tidak seperti mengagungkan Allah. Jika sampai seperti mengagungkan Allah maka itu kafir. (Hasyiyah Al Bujairimi ‘Alal Khathib, 4/241). 

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah, 

وَأَمَّا الِانْحِنَاءُ عِنْدَ التَّحِيَّةِ: فَيُنْهَى عَنْهُ كَمَا فِي التِّرْمِذِيِّ {عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُمْ سَأَلُوهُ عَنْ الرَّجُلِ يَلْقَى أَخَاهُ يَنْحَنِي لَهُ؟ قَالَ: لَا} 

Adapun membungkukkan badan ketika penghormatan, terlarang darinya, sebagaimana didalam hadits riwayat Imam Tirmidzi (dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bahwasanya mereka (para sahabat) bertanya kepada Beliau, tentang seseorang yang berjumpa dengan saudaranya apakah harus membungkukkan badan kepadanya? Beliau menjawab : tidak boleh).

وَلِأَنَّ الرُّكُوعَ وَالسُّجُودَ لَا يَجُوزُ فِعْلُهُ إلَّا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ؛ وَإِنْ كَانَ هَذَا عَلَى وَجْهِ التَّحِيَّةِ فِي غَيْرِ شَرِيعَتِنَا كَمَا فِي قِصَّةِ يُوسُفَ: ( {وَخَرُّوا لَهُ سُجَّدًا وَقَالَ يَا أَبَتِ هَذَا تَأْوِيلُ رُؤْيَايَ مِنْ قَبْلُ} .

Karena sesungguhnya ruku’ dan sujud melakukannya tidak boleh, kecuali hanya kepada Allah 'Azza Wa Jalla, dan jika ini dalam rangka penghormatan pada syari’at sebelum kita sebagaimana pada kisah Nabi Yusuf (Dan mereka (semuanya) bersimpuh seraya sujud kepada Yusuf. Dan berkata Yusuf: "Wahai ayahku inilah ta'bir mimpiku yang dahulu itu” (QS Yusuf : 100))

وَفِي شَرِيعَتِنَا لَا يَصْلُحُ السُّجُودُ إلَّا لِلَّهِ بَلْ قَدْ تَقَدَّمَ نَهْيُهُ عَنْ الْقِيَامِ كَمَا يَفْعَلُهُ الْأَعَاجِمُ بَعْضُهَا لِبَعْضِ فَكَيْفَ بِالرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ؟ وَكَذَلِكَ مَا هُوَ رُكُوعٌ نَاقِصٌ يَدْخُلُ فِي النَّهْيِ عَنْهُ

Dan didalam syari’at kita, sujud tidak pantas kecuali hanya kepada Allah, bahkan sungguh telah berlalu tentang larangannya berdiri (dalam rangka menghormati) sebagaimana yang biasa dilakukan orang-orang-orang non Arab kepada sebagian yang lainnya, maka bagaimana lagi apabila ruku’ dan sujud ? Dan demikian sedikit ruku’ (agak membungkukan badan) termasuk dalam larangan ini” (Majmu’ Al-Fatawa 1/377). 

Sumber : https://islamqa.info/ar/159164 هل يجوز الانحناء لكبير في السنِّ عند اللقاء به ؟ - الإسلام سؤال وجواب

Lajnah Ad-Daaimah ditanya,

ما حكم انحناء الرأس لمسلم عند التحية ؟ 

Apa hukum membungkukkan kepala kepada seorang muslim untuk penghormatan? 

Mereka menjawab, 

لا يجوز لمسلم أن يحني رأسه للتحية ، سواء كان ذلك لمسلم أو كافر ؛ لأنه من فعل الأعاجم لعظمائهم ، ولأنه شبيه بالركوع ، والركوع تحية وإعظاما لا يكون إلا لله ". 

Tidak boleh bagi seorang muslim membungkukkan kepalanya untuk penghormatan, sama saja, baik untuk orang muslim ataupun untuk orang kafir. Karena sesungguhnya itu adalah perbuatan orang-orang ajam (non arab) kepada pembesar mereka. Dan bahwasannya itu menyerupai ruku, sedangkan ruku’ adalah bentuk penghormatan dan pengagungan yang tidak boleh dilakukan kecuali hanya kepada Allah. (Fatwa Lajnah Ad-Daaimah 26/116). 

Sumber : https://islamqa.info/ar/159164 هل يجوز الانحناء لكبير في السنِّ عند اللقاء به ؟ - الإسلام سؤال وجواب


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid094RzicGPW8fDi1TpyNfaJ8qdC2pcqy7b9sxVZXxAtDEALbDKkqGYJBEb9cY5He75l&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive