Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, November 22, 2023

Istri Banyak atau Istri Bahagia?

Istri Banyak atau Istri Bahagia?
Bismillah...

Beristri lebih dari satu itu bagus.

Sahabat Ibnu Abbas radhiallah 'anhuma berkata:

فإن خير هذه الأمة أكثرها نساء. 

Sesungguhnya orang terbaik di tengah ummat ini adalah lelaki yang paling banyak istrinya (Nabi shallallahu alaihi wasallam). (Al Bukhari)

Sebagaimana membahagiakan istri itu juga keren banget.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى. رواه الترمذى

Sebaik-baik lelaki adalah lelaki yang paling baik terhadap istri/keluarganya dan aku adalah lelaki yang paling baik terhadap istri/keluargaku.” [At Tirmidzi]

Memiliki anak keturunan banyak itu bagus.

تزوجوا الودود الولود فإني مكاثر بكم

"Nikahilah oleh kalian wanita yang penyayang dan subur, karena saya bangga dengan jumlah kalian yang banyak”. (Abu Daud dan An Nasa’i)

Sebagaimana mencukupi kebutuhan anak dan mendidik mereka secara maksimal juga hebat, bahkan kewajiban setiap orang tua. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

كفى بالمرء إثما أن يضيع من يقوت

Cukuplah sebagai dosa yang dapat membinasakan seseorang bila ia menelantarkan orang yang menjadi tanggungannya.” (Ahmad, Abu Dawud dan Al Hakim)

Bagi yang bisa menyatukan antara kuantitas dengan kualitas, maka itu tentu keren banget.

Beristri 4, sehingga beranak keturunan banyak, namun nafkah mereka semua tercukupi, dididik dengan baik, dan dinaungi sebagaimana mestinya, itu adalah mimpi semua wanita dan pria.

Namun bila hanya mampu mencukupi nafkah 1 orang istri dan hanya mampu mendidik 2 atau 3 anak saja, maka mencukupkan diri dengan 1 orang istri dengan 3 atau 4 orang anak yang terdidik dengan baik, maka itu adalah sikap bijak.

Ya Allah jadikanlah putra putri kami anak anak sholeh dan sholehah. Amiin.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid022sA6Y8WM9VvxFRwCChWhcydB9JaqXttx42HLozuAjHtWvc5bH5K5dW37vYnQmY4Kl&id=100044302190144

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive