Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, December 3, 2023

Kematian Itu PASTI Akan Mendatangi

Kematian Itu PASTI Akan Mendatangi
Bismillah...

Kematian, salah satu rahasia ilmu ghaib yang HANYA diketahui oleh Allah Ta'ala. Dia telah menetapkan setiap jiwa pasti akan merasakannya.. 

Kematian tidak pandang bulu. Apabila sudah tiba saatnya, malaikat pencabut nyawa akan segera menunaikan tugasnya. Dia tidak mau menerima pengunduran jadwal, barang sedetik sekalipun. Karena bukanlah sifat malaikat seperti manusia, yang zalim dan jahil..

Manusia tenggelam dalam seribu satu kesenangan dunia, sementara ia lalai mempersiapkan diri menyambut akhiratnya. Berbeda dengan para malaikat yang senantiasa patuh dan mengerjakan perintah Tuhannya. Duhai, tidakkah manusia sadar..

Seandainya dia tahu apa isi neraka, saat ini juga pasti dia akan menangis, menangis dan menangis. Subhanallah, adakah orang yang tidak merasa takut dari neraka. Sebuah tempat penuh siksa. Sebuah negeri kengerian dan jeritan manusia-manusia durhaka. Neraka ada di hadapan kita, dengan apakah kita akan membentengi diri darinya? 

Apakah dengan menumpuk kesalahan dan dosa, hari demi hari, malam demi malam, sehingga membuat hati semakin menjadi hitam legam??

Terus menerus berbuat maksiat dengan menganggap remeh dan sepele perbuatan-perbuatan maksiat tersebut, terutama dosa-dosa besar. Pelakunya akan mendapatkan kehinaan di saat mati, disamping setan pun semakin memperhina dirinya..

Dua kehinaan akan ia dapatkan sekaligus dan ditambah lemahnya iman, akhirnya ia mengalami su’ul khotimah..

Lalai terhadap Allah dan selalu merasa aman dari siksa Allah..

Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), 

Apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga). Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi”. 

(QS. Al A’raaf [7] : 99)

Inilah beberapa berbuatan yang dapat menjadikan seseorang mati dalam keadaan su'ul khotimah :

▪️ Berbuat Zalim.

Kezaliman memang ladang kenikmatan namun berakibat menakutkan. Orang-orang yang zalim adalah orang-orang yang paling layak meninggal dalam keadaan su’ul khotimah.

Allah berfirman (yang artinya), 

Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim”. 

(QS. Al An’aam [6] : 44)

▪️ Berteman dengan Orang-orang Jahat.

Allah berfirman (yang artinya), 

(Ingatlah) hari ketika orang yang zalim itu menggigit dua tangannya, seraya berkata, 'Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan yang lurus bersama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku, kiranya aku dulu tidak menjadikan si fulan sebagai teman akrabku'." 

(QS. Al Furqaan [25] : 27-28)

▪️ Bersikap Ujub.

Sikap ujub pada hakikatnya adalah sikap seseorang yang merasa bangga dengan amal perbuatannya sendiri serta menganggap rendah perbuatan orang lain, bahkan bersikap sombong di hadapan mereka. Ini adalah penyakit yang dikhawatirkan menimpa orang-orang shalih sehingga menggugurkan amal shalih mereka dan menjerumuskan mereka ke dalam su’ul khotimah..

Apakah kita tidak ingat ketika kita berbuat dosa, kemudian sesudahnya kita mengulanginya lagi, sampai kapan engkau jera?? Nau'udzubillah..

Semoga Bermanfaat.


Baarakaallahu fiikum..

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive