Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, December 18, 2023

Memohon dan Mendo'akan Kebaikan Pemerintah Merupakan Sifat Para Ahlus Sunnah

Memohon dan Mendo'akan Kebaikan Pemerintah Merupakan Sifat Para Ahlus Sunnah
Bismillah...

• Al-Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله تعالى berkata, 

"Sungguh malam dan siang saya benar-benar mendo'akan kebaikan bagi pemerintah agar diberi kelurusan dan taufik, dan saya menilai hal itu hukumnya wajib bagi saya".

```(As-Sunnah, karya al-Khallal, jilid 1 hlm. 83)```

Dan diantara ciri atau karakter ahlussunnah adalah mendo'akan penguasa dengan kebaikan..

• Abu Utsman As Shabuni  رحمه الله تعالى mengatakan, 

Mereka (ahlus sunnah) berpendapat untuk mendo'akan pemimpin, agar menjadi baik, mendapat taufiq, dan kebaikan serta meluaskan keadilan bagi rakyat”. 

```(Aqidah Salaf Ashabul Hadits, hal. 92-93)```

• Al Fudhail bin ‘Iyadh رحمه الله تعالى berkata,

Seandainya aku mempunyai do'a baik yang dikabulkan maka aku tidak akan mempersembahkannya kecuali untuk pemimpin".

Dikatakan kepadanya, "Wahai Abu ‘Ali jelaskan kepada kami apa maksudnya?".

Beliau berkata, “Bila do'a itu hanya aku tujukan kepada diriku sendiri maka hanya akan bermanfaat untuk diriku sendiri, namun bila aku mempersembahkan kepada pemimpin, dan ternyata para pemimpin berubah menjadi baik, maka semua orang dan Negara akan merasakan manfaat dan kebaikannya”. 

```(Ittihaful Qaari bit Ta’liqat ‘Ala Syarhi Sunnah, syaikh Al Fauzan 2/153)``` 

Wallahu waliyyut Taufiq..


✒️Ustadz Abu Ghozie As Sundawie حفظه الله تعالى


Semoga Allah ﷻ anugerahkan Indonesia kedepan seorang pemimpin yang cerdas, berakhlak, berprestasi, tidak mudah marah, amanah, senantiasa menjaga shalat 5 waktu, membanggakan Indonesia dan umat Islam. Aamiin


✍🏼 Habibie Quotes

Ig - www.instagram.com/habibiequotes_

Tg - https://t.me/habibiequotes

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive