Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, December 4, 2023

Standar Baiknya Suatu Amal

Standar Baiknya Suatu Amal
Bismillah...

💎 LAU KAANA KHOIRON ❄️

Kalau suatu amalan itu baik, tentu para sahabat lebih duluan mengerjakannya, karena tidaklah ada suatu kebaikan pun, pasti mereka akan segera berlomba mengamalkannya. Inilah standar menilai sesuatu baik atau tidak, sunnah atau bid'ah.

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah, tentang penafsiran surah Al Ahqaf ayat 11 :

َلو كان خيرا ما سبقونا إليه (وأما أهل السنة والجماعة فيقولون في كل فعل وقول لم يثبت عن الصحابة : هو بدعة ; لأنه لو كان خيرا لسبقونا إليه ؛ لأنهم لم يتركوا خصلة من خصال الخير إلا وقد بادروا إليها ).

Lau kaana khoiron ma sabaquuna ilaihi (kalau sekiranya dia (Al-Qur'an) adalah suatu yang baik, tentulah mereka tiada mendahului kami (beriman) kepadanya). (QS. Al-Ahqaf: 11).

Adapun golongan ahlussunnah wal jamaah mengatakan tentang semua perbuatan dan ucapan yang tidak terbukti bersumber dari para SAHABAT, berarti hal itu adalah BID'AH. Karena sesungguhnya seandainya hal itu baik, tentulah mereka mendahului kita beriman kepadanya, karena sesungguhnya tiada suatu perkara kebaikan pun yang mereka biarkan melainkan mereka (para sahabat) bersegera mengerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir Surah Al Ahqaf 11).

Berkata Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu, 

إِنَّكُمْ سَتَجِدُوْنَ أَقْوَامًا يَزْعُمُوْنَ أَنَّهُمْ يَدْعُوْنَكُمْ إِلَى كَتَابِ اللهِ وَقَدْ نَبَذُوْهُ وَرَاءَ ظُهُوْرِهِمْ فَعَلَيْكُمْ بِالْعِلْمِ وَإِيَّاكُمْ وَالتَّبَدُّعَ وَإِيَّاكُمْ وَالتَّنَطُّعَ وَإِيَّاكُمْ وَالتَّعَمُّقَ وَعَلَيْكُمْ بِالْعَتِيْقِ (رواه اللالكائي في شرح أصول اعتقاد أهل السنة والجماعة 1/97)

"Kalian akan menemui golongan-golongan yang mengaku mengajak kalian kepada kitabullah, padahal mereka menaruhnya dibelakang punggung mereka. Maka kalian harus berilmu dan janganlah berbuat bid'ah, janganlah berlebih-lebihan dalam beramal ataupun perkataan dan berpeganglah kepada para pendahulu (para salaf) (HR. Al-Lalika'iy, Syarhu Ushuli I'tiqodi Ahlis Sunnah wal Jama'ah 1/97). 

Dan berkata Abdullah Ibnu Mas'ud radhiyallahu anhu, 

من كان متأسيا فليتأس بأصحاب رسول الله فإنهم أبر قلوبا وأعمقها علما وأقلها تكلفا وأقومها هديا وأحسنها حالا, قوم اختارهم الله لصحبة نبيه وإقامة دينه, فأعرفوا لهم فضلهم واتبعوا آثارهم فإنهم كانوا على الهدى المستقيم.

"Barangsiapa yang ingin mengikuti sunnah hendaklah ia mengikuti para sahabat Rasulullah. Karena sesungguhnya hati mereka adalah sebaik-baiknya manusia. Mereka paling sedikit bebannya (tidak mengadakan urusan yang memberatkan diri), paling lurus jalan hidupnya dan paling baik keadaan akhlaknya. Merekalah kaum yang di pilih oleh Allah untuk menjadi sahabat Nabi-Nya, dan menegakkan agamanya, Kenali-lah keutamaan mereka, dan ikutilah jejak langkahnya karena mereka berada diatas jalan yang lurus." (i'lamul Muwaqi'in, IV: 139).

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :

من ظن أنه يأخذ من الكتاب والسنة بدون أن يقتدي بالصحابة ويتبع غير سبيلهم، فهو من أهل البدع.

Siapa yang menyangka bahwa dia cukup mengambil al-Qur’an dan as-Sunnah tanpa perlu meneladani para Shahabat dan dia mengikuti selain jalan yang mereka tempuh, maka dia termasuk ahli bid’ah.” (Mukhtashar al-Fatawa al-Mishriyyah, hlm. 556)


https://m.facebook.com/kangfadhelmajalengka/photos/a.904451986557975/980753478927825/?type=3


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive