Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, January 4, 2024

Birrul Walidain Pintu Masuk Surga

Birrul Walidain Pintu Masuk Surga
Bismillah...

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَاحْفَظْهُ، وَإِنْ شِئْتَ فَضَيِّعْهُ

Dari Abu Darda, ia berkata: 

"Aku pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: 'Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Jika mau, maka engkau bisa menjaganya; dan jika engkau mau, maka engkau bisa menyia-nyiakannya." 

(Hadits shahih. HR. Ahmad (no. 27), at-Tirmidzi (no. 1900), Ibnu Majah (no. 2089, 3663). Lihat Silsilatul Ahaadits ash-Shahiihah (no. 914).

Zainuddin al-Munawi (wafat 1031 H) menjelaskan hadits ini: 

"Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Yaitu ketaatan dan tak durhaka kepada kedua orang tua akan mengantarkan seseorang menuju surga dari pintu surga yang paling baik."

Demikian penjelasan Imam Abu Fadhl al-Iraqy (wafat 806 H). 

(Lihat Faidhul Qadir oleh al-Munawi (VI/371).

Imam Nashiruddin al-Baidhowi (wafat 685 H) mengatakan: 

"Orang tua adalah pintu surga yang paling baik, maknanya, sebaik-baik amalan yang menjadi sarana masuk surga dan sebagai pengantar menuju surga adalah ketaatan kepada orang tua dan mengayomi kedua orang tuanya."

🍃 Intisari Hadits:

1️⃣ Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan sebab masuk surga dan dibukakan pintu-pintunya.

2️⃣ Keridhoan kedua orang tua lebih didahulukan daripada keridhoan istri.

3️⃣ Jika seorang menyukai sesuatu, namun orang tua minta ia meninggalkan apa yang dicintainya itu sehingga ia bersedih atasnya, maka hal terbaik yang mesti ia kerjakan adalah meminta pertimbangan dan masukan ulama.

4️⃣ Hendaknya istri membantu suami untuk dapat berbakti kepada orang tuanya, begitu pula suami memudahkan istrinya dalam berbakti kepada orang tuanya.

5️⃣ Berbuat baik kepada orang tua adalah pintu penghantar menuju surga-Nya yang paling baik yang mudah untuk dilakukan oleh seorang muslim.

6️⃣ Sekiranya kedua orang tua masih hidup maka janganlah sia-siakan keduanya, karena menyia-nyiakan kesempatan untuk birrul walidain berarti dia telah menyia-nyiakan kesempatan untuk masuk surga lewat pintu berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

7️⃣ Berbakti kepada orang tua mengantarkan kebahagian di dunia dengan dimudahkan dan dilapangkan rezeki dan mengantarkan kebahagian di akhirat yaitu dengan masuk surga lewat pintu birrul walidain tersebut.


KEPADA MERTUA JUGA HARUS BAIK

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّ اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : 

إِنَّكُمْ سَتَفْتَحُونَ مِصْرَ وَهِيَ أَرْضٌ يُسَمَّى فِيهَا الْقِيرَاطُ، فَإِذَا فَتَحْتُمُوهَا فَأَحْسِنُوا إِلَى أَهْلِهَا، فَإِنَّ لَهُمْ ذِمَّةً وَرَحِمًا أَوْ قَالَ ذِمَّةً وَصِهْرًا

Dari Abu Dzar radhiallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

"Sungguh kalian akan menaklukkan suatu negeri (Mesir) yang disebut didalamnya al-Qirath (daerah di wilayah Mesir), jika kalian telah berhasil menaklukkannya maka berbuatlah baik kepada penduduknya karena diantara mereka ada yang harus dilindungi dan termasuk sanak kerabat." 

Atau beliau bersabda:

"Ada yang harus dilindungi dan termasuk pula mertua."

(HR. Muslim (no. 2543 (227), Ahmad (no. 21520), Ibnu Hibban dalam Shahih-nya (no. 6676), ath-Thabarani dalam al-Mu'jamul Ausath (VIII/303 (no. 8701).


✍️ Zaki Rakhmawan

📖 Ayah Ibumu Pintu Surgamu

🖥️ Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi'i

...

https://www.facebook.com/zaki.rakhmawan.abu.kayyisa


#birrulwalidain #berbaktikepadaorangtua

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive