Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, January 1, 2024

Hati (muslim) yang Condong Rindu ke Baitullah

Hati (Muslim) yang Condong Rindu ke Baitullah
Bismillah...

Kota Makkah merupakan sebaik-baiknya tempat dan merupakan kota yang paling dicintai oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Hal ini sebagaimana yg beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan:

وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَى اللَّهِ وَلَوْلَا أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ

Demi Allah, sungguh Engkau adalah sebaik-baik bumi Allah, dan yang paling dicintai olehNya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (meninggalkanmu).” (HR At-Tirmizi, 3925)

Allah Ta’ala menjadikan hati umat Islam untuk condong dan cenderung ingin kembali ke Masjidil Haram (Baitullah) yang berada di Makkah.

Nabi Ibrahim ‘alaihissalam pernah berdoa (yang diabadikan didalam Al-Quran):

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS Ibrahim [14]: 37)

Sangat ironis, tatkala seorang muslim bisa traveling ke penjuru dunia tapi tidak pernah menyempatkan diri untuk ziarah ke Baitullah. 

Semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba-hambaNya yang hatinya dicondongkan oleh Allah Ta’ala untuk rindu bisa berkunjung ke Baitullah.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02NExADozVjCmZRTwmWUvf8tkdhnKLz2x3CfLAyLFyhPgDwZ3n6sERdWMz9NQ3khvyl&id=1792235719

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive