Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, January 25, 2023

BAHAYANYA Da'i-da'i Sesat

Bismillah...

Hudzaifah bin al-Yaman رضي الله عنه :

"Manusia bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya kepadanya tentang keburukan, karena aku khawatir akan menimpaku"

Maka aku bertanya : "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami dahulunya berada di zaman jahiliyah dan keburukan, lalu Allah pun mendatangkan kebaikan ini kepada kami, lantas apakah setelah kebaikan ini akan ada lagi keburukan ?

Beliau ﷺ bersabda : "Ya". Aku bertanya : "Apakah setelah keburukan akan datang lagi kebaikan ?" Beliau ﷺ bersabda : "Ya, tetapi di dalamnya telah bercampur dgn kekeruhan". Aku pun bertanya : "Apakah yang dimaksud dengan kekeruhan itu ?

Beliau صلى الله عليه و سلم menjawab :

قَوْمٌ يَسْتَنُّوْنَ بِغَيْرِ سُنَّتِي وَيَهْدُوْنَ بِغَيْرِ هَدْيِي، تَعْرِفُ مِنْهُمْ وَتُنْكِرُ

"Suatu Kaum Yang Telah Beramal "Bukan Dengan Sunnahku", Dan Telah Mengikuti Petunjuk "Bukan Dengan Petunjukku". Di antara (amalan) mereka ada yang engkau tahu ("karena itu sesuai dengan sunnah") & ada juga yang engkau ingkari ("karena telah menyelisihi sunnah", yaitu beramal dengan amal-amal kebid'ahan)"

Aku bertanya lagi : "Apakah setelah itu ada keburukan ?" Beliau ﷺ bersabda :

نَعَمْ، دُعَاةٌ عَلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ، مَنْ أَجَابَهُمْ إِلَيْهَا قَذَفُوْهُ فِيْهَا

"Ya, (munculnya) para Da’i-da'i yang berada di pintu-pintu Jahannam. Barangsiapa yang telah menerima dakwah mereka, maka mereka akan menjerumuskannya kedalam (Neraka) Jahannam"

Aku bertanya lagi : "Wahai Rasulullah, jelaskanlah kepada kami sifat mereka ?" Beliau bersabda : "Baik, mereka adalah satu kaum yang mempunyai kulit seperti kita, dan juga berbicara dengan bahasa kita". Aku bertanya : "Maka apakah yang engkau perintahkan kepadaku jika aku menjumpai keadaan tersebut ?

Beliau صلى الله عليه و سلم bersabda :

"Hendaknya engkau itu tetap berada di dalam jama’ah kaum muslimin dan juga imam mereka". Kemudian aku bertanya lagi : "Bagaimanakah apabila tidak ada jama’ahnya maupun imamnya ?" Beliau bersabda : "Maka tinggalkanlah olehmu firqah2 (kelompok) itu semuanya, meski engkau (nantinya) menggigit akar pohon, sampai kematian datang menjemputmu dan keadaanmu seperti itu" (HR. Bukhari no. 3606 dan Muslim no. 1847)


Ustadz Najmi Umar Bakkar

https://telegram.me/najmiumar

Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive