Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, January 30, 2023

Hadits-hadits Palsu Keutamaan Shalat dan Puasa di Bulan Rajab (7/10)

Hadits-hadits Palsu Keutamaan Shalat dan Puasa di Bulan Rajab (7/10)
Bismillah...

PENJELASAN PARA ULAMA TENTANG MASALAH RAJAB

1. Imam Ibnul Jauzy menerangkan bahwa : "Hadits-hadits tentang Rajab, Raghaa-ib adalah palsu dan rawi-rawi majhul."

[Lihat al-Maudhu’at (II/123-126)]

2. Kata Imam an-Nawawi : “Shalat Raghaa-ib ini adalah satu bid’ah yang tercela, munkar dan jelek.

[Lihat as-Sunan wal Mubtada’at (Hal: 140)]

Kemudian Syaikh Muhammad Abdus Salam Khiidhir, penulis kitab as-Sunan wal Mubtada’at berkata : “Ketahuilah setiap hadits yang menerangkan shalat di awal Rajab, pertengahan atau di akhir Rajab, semuanya tidak bisa diterima dan tidak boleh diamalkan.”

[Lihat as-Sunan wal Mubtada’at (Hal: 141)]

3. Kata Syaikh Muhammad Darwiisy al-Huut : “Tidak satupun hadits yang sah tentang bulan Rajab sebagaimana kata Imam Ibnu Rajab.

[Lihat Asnal Mathaalib (Hal: 157)]

4. Kata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (wafat Tahun 728 H):  “Adapun shalat Raghaa-ib, tidak ada asalnya (dari Nabi ﷺ), bahkan termasuk bid’ah. Atsar yang menyatakan (tentang shalat itu) dusta dan palsu menurut kesepakatan para ulama dan tidak pernah sama sekali disebutkan (dikerjakan) oleh seorang ulama Salaf dan para Imam…

Selanjutnya beliau berkata lagi : “Shalat Raghaa-ib adalah bid'ah menurut kesepakatan para Imam, tidak pernah Rasulullah ﷺ menyuruh melaksanakan shalat itu, tidak pula disunnahkan oleh para khalifah sesudah Beliau ﷺ dan tidak pula seorang Imam pun yang menyunnahkan shalat ini, seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah, Imam ats-Tsaury, Imam al-Auzaiy, Imam Laits dan selain mereka.

Hadits-hadits yang diriwayatkan tentang itu adalah dusta menurut Ijma’ para Ahli Hadits. Demikian juga shalat malam pertama bulan Rajab, malam Isra’, Alfiah nishfu Sya’ban, shalat Ahad, Senin dan shalat hari-hari tertentu dalam satu pekan, meskipun disebutkan oleh sebagian penulis, tapi tidak diragukan lagi oleh orang yang mengerti hadits-hadits tentang hal tersebut, semuanya adalah hadits palsu dan tidak ada seorang Imam pun (yang terkemuka) menyunnahkan shalat ini, Wallahu a’lam.

[Lihat Majmu’ Fataawa (XXIII/132, 134)]


🔗 Bersambung  إن شآء الله


Ditulis oleh : ✒Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas حغظه الله تعالى


Bersambung...  ?? ??? ????


Ditulis oleh : ?Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas ???? ???? ?????

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive