Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, January 31, 2023

Jangan Pernah Merasa Aman

Jangan Pernah Merasa Aman
Bismillah...

Jangan merasa aman jika saat ini engkau selamat saat korupsi, mencuri, menipu, memfitnah, mencaci, menyakiti dan mendzalimi orang lain..

Karena pada hari kiamat kelak hak dan kehormatan orang-orang yang kau dzalimi itu harus kau pertanggungjawabkan dihadapan Allah, bahkan engkau harus membayarnya dengan pahala kebaikanmu, dan jika pahala kebaikanmu telah habis maka dosa-dosa orang yang kau dzalimi itu akan ditimpakan kepadamu..

Allah Ta'ala berfirman,

يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لَا تَخْفَىٰ مِنْكُمْ خَافِيَةٌ

Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah)". (QS. Al-Haqqah: 18)

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita harus merasa takut jika melakukan ke dzaliman, adapun jika sudah terlanjur maka kita harus segera menyelesaikan ketika di dunia, yaitu dengan meminta maaf, meminta halal, atau mengembalikan hak-haknya yang telah kita ambil. Jika tidak, maka hal itu tetap akan diadili pada hari kiamat..

Dari Abu Hurairah رحمه الله, dia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, 

Barangsiapa berbuat zhalim kepada saudaranya, yang berkaitan dengan kehormatan atau sesuatu apapun, hendaklah dia meminta halal darinya pada hari ini, sebelum (datang hari kiamat) yang tidak ada dinar dan dirham. Jika dia memiliki amal shalih diambil darinya seukuran kezhalimannya. Jika dia tidak memiliki keabaikan-kebaikan, diambil kesalahan-kesalahan orang yang dizhalimi lalu ditimpakan padanya". (HR. Al-Bukhari, no. 2449, 6534; Ahmad 2/435, 506; Ibnu Hibban no. 7361)

Begitu juga di jelaskan dalam hadits Nabi ﷺ yang lain, sebagaimana beliau ﷺ menjelaskan tentang siapa orang yang bangkrut pada hari kiamat..

Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, Rasulullah ﷺ bersabda, 

Tahukah kamu siapakah orang bangkrut itu?”. 

Para Sahabat رضي الله عنهم menjawab, “Orang bangkrut menurut kami adalah orang yang tidak punya uang dan barang".

Beliau ﷺ bersabda,

Sesungguhnya orang bangkrut di kalangan umatku, (yaitu) orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa (pahala amalan) shalat, puasa dan zakat. Tetapi dia juga mencaci maki si ini, menuduh si itu, memakan harta orang ini, menumpahkan darah orang ini, dan memukul orang ini. Maka orang ini diberi sebagian kebaikan-kebaikannya, dan orang ini diberi sebagian kebaikan-kebaikannya. Jika kebaikan-kebaikannya telah habis sebelum diselesaikan kewajibannya, kesalahan-kesalahan mereka diambil lalu ditimpakan padanya, kemudian dia dilemparkan di dalam neraka". (HR. Muslim, no. 2581)


Semoga hal ini menjadi renungan bagi kita semua, adapun jika kita pernah mendzalimi orang lain maka hendaknya kita segera meminta maaf dan mengembalikan haknya..


✍🏼 Habibie Quotes

Ig - www.instagram.com/habibiequotes_

Tg - https://t.me/habibiequotes

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive