Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, January 27, 2023

Hati Yang Sekarat dan Mati

Hati Yang Sekarat dan Mati
Bismillah...

Bumi kalau lama tidak turun hujan akan kering dan tandus, dedaunan akan meranggas dan berguguran, bahkan pepohonan banyak yang mati sekarat.

Begitu pula hati, kalau lama tidak disirami ilmu agama, akan merana dan menderita bahkan mati. Maka siramilah dengan mendatangi majlis ilmu, dengarkan firman Allah, sabda Rasul dan kalam para salaf, ini akan menghidupkan hati yang mati.

Berkata Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah

فكما انه لا حياة للارض الا بالمطر فكذلك لا حياة للقلب الا بالعلم. مفتاح دار السعادة  ٥٠٨/١

Maka sebagaimana bumi, tidak akan hidup kecuali degan hujan, maka begitu pula hati, tidak akan hidup kecuali dengan ilmu. Miftahu Daris Sa'aadah 1:508.

Asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah :

فإن الإنسان إذا كان ﻻ يحضر حلقات العلم وﻻ يسمع الخطب وﻻ يعتني بما ينقل عن أهل العلم فإنه تزداد غفلته وربما يقسو قلبه حتى يطبع عليه ويختم عليه فيكون من الغافلين. مجموع فتاوى (324/12)

Sungguh seseorang apabila terbiasa tidak menghadiri majelis-majelis ilmu, tidak mendengar khutbah-khutbah, dan tidak perhatian terhadap ilmu yang dinukil dari para ‘ulama, maka akan semakin bertambah parah kelalaiannya, bahkan hatinya bisa mengeras, sehingga ditutup dan dikunci hatinya. Maka jadilah dia termasuk orang-orang yang lalai. (Majmu’ Fatawa Ibn Baz 12/324).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=744005743804333&substory_index=744005743804333&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive