Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, January 14, 2023

Mutiara Salaf : Pentingnya Menjaga Waktu

Pentingnya Menjaga Waktu
Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Syaikh Muhammad bin Sholih al-‘Utsaimin rohimahullah berkata,

ุฅู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูƒู„ู‡ุง ุชู…ุถูŠ، ูˆูƒู„ ุดูŠุกٍ ููŠู‡ุง ูุฅู†ู‡ ุนุจุฑุฉ، ุฅู† ู†ุธุฑุช ุฅู„ู‰ ุงู„ุดู…ุณ ุชุฎุฑุฌ ููŠ ุฃูˆู„ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ุซู… ุชุฃูู„ ููŠ ุขุฎุฑ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ูˆุชุฒูˆู„، ู‡ูƒุฐุง ูˆุฌูˆุฏ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูŠุฎุฑุฌ ุซู… ูŠุฒูˆู„.

Sesungguhnya dunia ini semuanya akan berlalu, segala sesuatu yang ada di dalamnya merupakan pelajaran yang berharga.

Jika engkau melihat matahari keluar di pagi hari, kemudian tenggelam di sore hari, lalu menghilang.. demikian juga wujudnya seorang insan di dunia, ia muncul ke dunia kemudian akan sirna.

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

ุฅู† ู†ุธุฑู†ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู‚ู…ุฑ ูƒุฐู„ูƒ ูŠุจุฏูˆ ุฃูˆู„ ุงู„ุดู‡ุฑ ู‡ู„ุงู„ุงً ุตุบูŠุฑًุง، ุซู… ู„ุง ูŠุฒุงู„ ูŠู†ู…ูˆ ูˆูŠูƒุจุฑ ูุฅุฐุง ุชูƒุงู…ู„؛ ุจุฏุฃ ุจุงู„ู†ู‚ุต ุญุชู‰ ุนุงุฏ ูƒุงู„ุนุฑุฌูˆู† ุงู„ู‚ุฏูŠู….

Demikian pula jika kita melihat rembulan, ia muncul di awal bulan dalam bentuk bulan sabit kecil, kemudian terus bertambah membesar. Maka jika telah sempurna, iapun mulai mengecil sampai kembali seperti sedia kala.

Demikian juga kalau kita perhatikan bulan demi bulan, engkau dapati seorang insan memandang kalau bulan depan masih lama datangnya. Misalnya ia mengatakan, ‘Kita sekarang ada di bulan dua belas, bulan ramadhan masih delapan bulan lagi, maka alangkah lamanya..!’

Tiba-tiba ia telah melewati ramadhan dengan cepatnya. Tak terasa seolah-olah (kedatangan ramadhan) itu seperti waktu sesaat di siang hari.

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

ู‡ูƒุฐุง ุงู„ุนู…ุฑ ุฃูŠุถًุง -ุนู…ุฑ ุงู„ุฅู†ุณุงู†- ุชุฌุฏู‡ ูŠุชุทู„ุน ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูˆุช ุชุทู„ุนًุง ุจุนูŠุฏًุง ูˆูŠุคู…ِّู„ ูˆุฅุฐุง ุจุญุจู„ ุงู„ุฃู…ู„ ู‚ุฏ ุงู†ุตุฑู…، ูˆู‚ุฏ ูุงุช ูƒู„ ุดูŠุก! ุชุฌุฏู‡ ูŠุญู…ู„ ุบูŠุฑู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุนุด ูˆูŠูˆุงุฑูŠู‡ ููŠ ุงู„ุชุฑุงุจ ูˆูŠููƒุฑ: ู…ุชู‰ ูŠูƒูˆู† ู‡ุฐุง ุดุฃู†ูŠ؟ ู…ุชู‰ ุฃุตู„ ุฅู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุงู„؟ ูˆุฅุฐุง ุจู‡ ูŠุตู„ ุฅู„ูŠู‡ุง ูˆูƒุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠู„ุจุซ ุฅู„ุง ุนุดูŠุฉ ุฃูˆ ุถุญุงู‡ุง!

Demikian juga umur.. umur seorang insan. Engkau dapati ia memandang kamatian itu masih lama datangnya, ia masih memiliki angan-angan, tiba-tiba tali angan-angannya telah terputus. Maka sungguh telah terluput darinya segala sesuatu. Engkau dapati ia telah dipikul orang lain diatas keranda mayat, lalu iapun dikuburkan dalam tanah.

Ia berfikir, ‘Kapan terjadinya keadaanku ini..? Kapan saya sampai pada keadaan ini..?’ dan tiba-tiba ia telah sampai kepada (ajal)nya, seolah-olah tidaklah ia hidup di dunia ini kecuali baru sore tadi atau waktu dhuhanya.

ุฃู‚ูˆู„ ู‡ุฐุง ู…ู† ุฃุฌู„ ุฃู† ุฃุญู…ู„ ู†ูุณูŠ ูˆุฃุญู…ู„ ุฅุฎูˆุงู†ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุจุงุฏุฑุฉ ุจุงุบุชู†ุงู… ุงู„ูˆู‚ุช، ูˆุฃู„ุง ู†ุถูŠุน ุณุงุนุฉ ูˆู„ุง ู„ุญุธุฉ ุฅู„ุง ูˆู†ุญู† ู†ุนุฑู ุญุณุงุจู†ุง ููŠู‡ุง، ู‡ู„ ุชู‚ุฑุจู†ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุจุดูŠุก؟ ู‡ู„ ู†ุญู† ู…ุง ุฒู„ู†ุง ููŠ ู…ูƒุงู†ู†ุง؟ ู…ุงุฐุง ูŠูƒูˆู† ุดุฃู†ู†ุง؟ ุนู„ูŠู†ุง ุฃู† ู†ุชุฏุงุฑูƒ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ู‚ุจู„ ููˆุงุช ุงู„ุฃูˆุงู†، ูˆู…ุง ุฃู‚ุฑุจ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง!

Aku mengatakan ini agar bisa memotivasi diriku sendiri dan saudara-saudaraku untuk bersegera memanfaatkan waktu, agar tidak menyia-nyiakan waktu, biarpun sedikit, kecuali dalam keadaan kita mengetahui perhitungan kita padanya.

Apakah kita sudah mendekatkan diri kita kepada Allah dengan suatu ibadah..? ataukah kita tetap di tempat-tempat kita..? apa jadinya keadaan kita..?

Wajib bagi kita bersegera melakukan perkara-perkara yang bermanfaat sebelum hilang kesempatan.

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

ูˆูƒุงู† ุฃุจูˆ ุจูƒุฑ -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡- ูŠุชู…ุซู„ ูƒุซูŠุฑًุง ุจู‚ูˆู„ ุงู„ุดุงุนุฑ:

ูˆูƒู„ู†ุง ู…ุตุจุญٌ ููŠ ุฃู‡ู„ู‡ ※ ูˆุงู„ู…ูˆุช ุฃุฏู†ู‰ ู…ู† ุดุฑุงูƒ ู†ุนู„ู‡

Betapa dekatnya akhirat dari dunia. 

Dahulu Abu Bakr rodhiyallahu ‘anhu sering mempermisalkan (hal ini) dengan ucapan penyair,

”Setiap kita selalu berada didekat keluarganya, sementara kematian itu lebih dekat daripada tali sandalnya..”

ุฃุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ู„ูŠ ูˆู„ูƒู… ุญุณู† ุงู„ุฎุงุชู…ุฉ، ูˆุฃู† ูŠุฌุนู„ ู…ุณุชู‚ุจู„ ุฃู…ุฑู†ุง ุฎูŠุฑًุง ู…ู† ู…ุงุถูŠู‡، ูˆุฃู† ูŠุนูŠู†ู†ุง ุนู„ู‰ ุฐูƒุฑู‡ ูˆุดูƒุฑู‡ ูˆุญุณู† ุนุจุงุฏุชู‡

Aku memohon kepada Allah untukku dan kalian husnul khotimah.. 

Semoga Allah menjadikan urusan kita kelak lebih baik dari yang telah berlalu.. 

Semoga Allah menolong kita untuk bisa selalu mengingat-Nya, bersyukur pada-Nya dan memperbagus peribadatan kepada-Nya..

[ Liqo Al Baabul Maftuuh 2/179 ]

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ุงู„ْุฌَู†َّุฉُ ุฃَู‚ْุฑَุจُ ุฅِู„َู‰ ุฃَุญَุฏِูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ุดِุฑَุงูƒِ ู†َุนْู„ِู‡ِ، ูˆَุงู„ู†َّุงุฑُ ู…ِุซْู„ُ ุฐَู„ِูƒَ

Surga lebih dekat dengan salah seorang dari kalian daripada tali sandalnya. Neraka pun demikian.” (HR. Al-Bukhari 6007)

Tidak ada jarak kecuali dicabutnya ruh, kemudian akan berujung pada salah satu dari keduanya.

Mengingat surga akan membangkitkan semangat seorang untuk beramal shalih. Adapun mengingat neraka akan mendorongnya untuk bertobat dan berisitigfar dari dosa-dosa.

Dia selalu waspada, jangan sampai kematian mendatanginya sedangkan dia dalam keadaan yang jelek.”


๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/60995

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive