Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, January 11, 2023

Penyebab Adanya Musibah

Penyebab Adanya Musibah
Bismillah...

Allah turunkan musibah itu agar manusia segera bertaubat, beristighfar & kembali kepada-Nya, & ini merupakan salah satu bentuk rahmat Allah supaya manusia itu selamat dari siksaan dan hukuman.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

(A). "Dan Allah membuat perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezeki pun datang kepadanya dengan melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya telah mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu maka Allah pun menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat" (QS. An-Nahl [16]: 112)

(B). "Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan oleh perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (bertaubat kepada Allah)" (QS. 30 : 41)

(C). "Musibah apa pun yang menimpamu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, & Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)" (QS. Asy-Syura [42]: 30)

(D). "Apabila mereka itu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki untuk menimpakan suatu musibah (hukuman) kepada mereka yang disebabkan oleh sebagian dosa-dosa mereka..." (QS. Al-Maidah [5]: 49)

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

"Sesungguhnya manusia apabila mereka melihat suatu kezhaliman lantas mereka itu tdk merubahnya, niscaya Allah Ta'ala nyaris akan meratakan kepada mereka dengan hukuman-Nya" (HR. Ahmad no. 12, Abu Dawud II/217, at-Tirmidzi II/25 & Ibnu Majah II/284, ash-Shahiihah 1564)

Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه berkata : 

"Tidaklah musibah itu turun melainkan karena dosa" (Al-Jawaabul Kaafi hal 87)

Ka'ab bin Maalik رضي الله عنه berkata :

"Sesungguhnya hanyalah bumi itu akan bergoncang apabila dilakukan berbagai kemaksiatan di atasnya" (Al-Jawaabul Kaafi hal 30)

Aisyah رضي الله عنها telah ditanya : "Wahai Ummul Mukminin, jelaskan kepada kami tentang gempa bumi". Ia pun menjawab : "Jika mereka membiarkan zina, minum khamar, dan bermain musik, maka Allah yang ada di atasnya pun akan cemburu. Kemudian Allah berfirman kepada bumi : "Berguncanglah ! Jika mereka bertaubat dan meninggalkan kemaksiatan, maka berhentilah. Jika tidak, maka hancurkan mereka..." (Al-Jawaabul Kaafi hal 87-88)

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Ya Allah, kami telah menzhalimi diri-diri kami. Apabila Engkau tidak mengampuni kami dan merahmati kami, tentulah kami akan menjadi orang-orang yang merugi"


Ustadz Najmi Umar Bakkar

https://telegram.me/najmiumar

Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive