Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, February 23, 2023

4 Kunci Sukses Thalabul Ilmi

4 Kunci Sukses Thalabul Ilmi
Bismillah...

Ditanyakan kepada Amir bin Syarahil Asy-Sya'bi (103 H) rahimahullah,

من أين لك هذا العلم كله ؟ قال : بنفي الاعتماد والسير في البلاد وصبر كصبر الحمار وبكور كبكور الغراب

"Dari manakah engkau mendapatkan semua ilmu ini?” Beliau menjawab, “Dengan tidak bergantung kepada seorangpun, mengelilingi negeri, bersabar seperti sabarnya keledai, dan bersegera seperti bersegeranya burung gagak.” 

(Siyar A'lamin Nubala' 4/300)

Ada empat adab atau etika utama yang disebutkan oleh Asy-Sya'bi sebagai kunci sukses thalabul ilmi,

1. Tidak bergantung kepada seorangpun karena ilmu ini hakikatnya karunia dari Allah maka berdoalah kepada-Nya agar dianugerahi ilmu yang bermanfaat.

2. Mengelilingi negeri dengan menyambangi majelisnya para ulama karena ilmu itu pada asalnya didatangi bukan ilmu yang mendatangi. 

3. Bersabar ibarat keledai yang siap menanggung beban dan perlakuan tidak nyaman dari tuannya. Kata Asy-Syafii, "Bersabarlah atas pahitnya perangai sang guru karena kegagalan menuntut ilmu disebabkan lari berpaling darinya."

4. Berpagi-pagi mendatangi majelis ilmu, sudi menanti guru sebagai bentuk penghargaan terhadap ilmu, duduk dengan tenang, diam, menyimak, mencatat serta tidak menimpalinya dengan omongan dengan itu ia akan meraih banyak faedah.

Semoga Allah merahmati Asy-Sya'bi, imam kalangan tabiin, gunung keilmuan, besar kesabaran, teladan kejujuran hingga Muhammad bin Sirin mengatakan,

"Perbanyaklah mempelajari hadits dari Asy-Sya'bi karena dia benar-benar dimintai fatwanya sementara para shahabat Nabi masih ada."


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0hWsT1eFPLp3cQHFAYWbt4e3utQvuE4oTFLmqQGPvWbofyV3BZgy7QQktoBtgShXzl&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive