Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, February 22, 2023

Mutiara Salaf : Bersemangat Ketika Hendak Sholat

Bersemangat Ketika Hendak Sholat
Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

‘Abdullah bin ‘Abbas rodhiyallahu ‘anhumaa berkata,

ูŠُูƒْุฑَู‡ ุฃู† ูŠู‚ูˆู…َ ุงู„ุฑَّุฌُู„ ุฅู„ู‰ ุงู„ุตَّู„ุงุฉ ูˆู‡ُูˆ ูƒุณู„ุงู†، ูˆู„ูƒู† ูŠู‚ُูˆู… ุฅู„ูŠู‡ุง ุทู„ู‚َ ุงู„ูˆุฌู‡، ุนุธูŠู…َ ุงู„ุฑَّุบุจุฉ، ุดุฏูŠุฏَ ุงู„ูَุฑุญ، ูุฅู†َّู‡ ูŠู†ุงุฌูŠ ุงู„ู„ู‡َ ุนุฒ ูˆุฌู„ ، ูˆุฅู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ุนุฒ ูˆุฌู„ ุฃู…ุงู…َู‡ ูŠุบูุฑُ ู„ู‡ ูˆูŠุฌูŠุจُู‡ ุฅุฐุง ุฏุนุงู‡ُ، ูˆูŠุชู„ูˆ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุขูŠุฉ: {ูˆَุฅِุฐَุง ู‚َุงู…ُูˆุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ู‚َุงู…ُูˆุง ูƒُุณَุงู„َู‰} [ุณูˆุฑุฉ ุงู„ู†ุณุงุก : 142]».

Tidak disukai seseorang bangkit menuju sholat dengan malas..

Tapi hendaklah ia :

– bangkit dengan wajah berseri,

– semangat yang kuat, dan

– hati yang gembira.

Karena ia hendak bermunajat dengan Allah ‘Azza wajalla. Dan Allah berada di hadapannya mengampuni dosanya dan mengijabah do’anya..

Lalu beliau membaca ayat tentang sifat kaum munafik : 

ุฅِู†َّ ูฑู„ْู…ُู†َٰูِู‚ِูŠู†َ ูŠُุฎَٰุฏِุนُูˆู†َ ูฑู„ู„َّู‡َ ูˆَู‡ُูˆَ ุฎَٰุฏِุนُู‡ُู…ْ ูˆَุฅِุฐَุง ู‚َุงู…ُูˆุٓง۟ ุฅِู„َู‰ ูฑู„ุตَّู„َูˆٰุฉِ ู‚َุงู…ُูˆุง۟ ูƒُุณَุงู„َู‰ٰ ูŠُุฑَุงุٓกُูˆู†َ ูฑู„ู†َّุงุณَ ูˆَู„َุง ูŠَุฐْูƒُุฑُูˆู†َ ูฑู„ู„َّู‡َ ุฅِู„َّุง ู‚َู„ِูŠู„ًุง

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali" (Annisa: 142)

[ At Targhiib Wat Tarhiib – Qowamus Sunnah – 1904 ]


Diterjemahkan oleh, Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

=====๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด=====

๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/61611

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive