Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, February 25, 2023

Faidah Seputar Bulan Sya'ban (1/10)

Faidah Seputar Bulan Sya'ban (1/10)
Bismillah...

KATA PEMBUKA

﷽ 

الحمد للّه، والصلاة والسلام على رسول اللّه. 

Segala puji hanyalah milik Allah Subhanahu wa Ta'ala. Shalawat dan salam semoga senantiasa   terlimpahkan kepada Rasulullah ﷺ.

Berikut ini adalah kumpulan ringkasan yang berisi faidah-faidah seputar Bulan Sya’ban. 

Kami memohon kepada Allah agar menjadikan risalah ini bermanfaat  dan semoga Allah membalas dengan kebaikan setiap orang yang turut andil di dalam membantu penyusunan dan penyebaran risalah ini. 

Bulan Sya’ban adalah bulan kedelapan dari kalender Hijriah, yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Disebut Sya’ban, karena orang-orang Arab terdahulu yatasya’abuna (berpencar dan berpisah) di bulan ini dalam rangka mencari air. 

Ada juga yang berpendapat, di bulan ini sejumlah kabilah/suku berkelompok-kelompok (Tasya’ubil Qobail) ke dalam pasukan-pasukan penyerangan. 

Sebagian lagi berpendapat, dikatakan Sya’ban dikarenakan sya’aba yaitu yang muncul di antara bulan Rajab dan Ramadhan. 

Bentuk pluralnya adalah: Sya’abina  atau Sya’banat. [Tafsir Ibnu Katsir IV/147 dan Lisanul ‘rab I/502] 

Bulan Sya’ban adalah bulan penuh berkah, yang banyak dilalaikan orang di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Padahal dianjurkan untuk memperbanyak puasa di bulan Sya’ban ini. 

Dari Usamah bin Zayd radhiallahu‘anhu, beliau berkata: 

« يَا رَسُولَ اللَّه، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَاتـَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ؟ قَالَ ﷺ : ( ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ الْأَعْمَالُ إِلـى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، فَأًحِبُّ أَنْ يُرْفـعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ ) »

Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa di bulan-bulan lainnya seperti anda berpuasa di bulan Sya’ban ini?”, Rasulullah ﷺ menjawab: “Karena ini bulan yang banyak dilalaikan manusia di antara Rajab dan Ramadhan. Padahal di bulan ini amalan terangkat sampai ke Rabb semesta alam, dan aku senang apabila saat amalku terangkat sedangkan aku berpuasa."

(HR. an-Nasai No: 2375 dan dihasankan Syaikh al-Albani di dalam ash-Shahihah No: 1898) 


- Bersambung ke Bag. 2/10


Sumber : 32 Fa'dah fii Syahri Sya'ban Karya Syaikh Shalih al-Munajjid, penerbit: Majmu'ah Zad di bawah lisensi Syaikh Shalih al-Munajjid

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive