Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, February 10, 2023

Ilmu Dengan Pemahaman

Ilmu Dengan Pemahaman
Bismillah...

Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه berkata :

لا خير في عبادةٍ لا عِلْمَ فيها و لا خير في علمٍ لا فَهْمَ فيه

"Tidak ada kebaikan di dalam ibadah yg tidak disertai dengan ilmu padanya, dan tidak ada kebaikan pada ilmu yang tidak disertai dengan pemahaman" (Shifatus Shafwah I/326)

Imam al-'Utsaimin رحمه الله berkata :

من الأمور المهمة في طلب العلم قضية الفهم ، أي : فهم مراد الله عز وجل ومراد رسوله - صلى الله عليه وسلم - ؛ لأن كثيرًا من الناس أوتوا علمًا ولكن لم يؤتوا فهمًا

"Diantara perkara penting dlm menuntut ilmu adalah masalah pemahaman, yaitu memahami yg dimaksud Allah 'Azza wa Jalla dan maksud Rasul-Nya ﷺ, karena kebanyakan dari manusia telah diberikan ilmu namun tidak diberikan pemahaman.

لا يكفي أن تحفظ كتاب الله وما تيسر من سنة رسول الله - صلى الله عليه وسلم - بدون فهم ، لابد أن تفهم عن الله ورسوله ما أراده الله ورسوله

Tidak cukup engkau menghafal al-Qur'an serta apa saja yang mudah dari sunnah2 Rasulullah ﷺ tanpa pemahaman. (Tapi)  seharusnya engkau memahami tentang Allah dan Rasul-Nya, yaitu apakah yang diinginkan oleh Allah dan Rasul-Nya ﷺ.

وما أكثر الخلل من قوم استدلوا بالنصوص علىٰ غير مراد الله ورسوله فحصل بذلك الضلال

Alangkah banyak kesalahan dari suatu kaum yang berdalil dengan nash2 (yaitu dalil2 al-Qur'an dan Hadits) atas sesuatu yang tidak dimaksudkan oleh Allah dan Rasul-Nya, lalu karena hal itu terjadilah kesesatan" (Kitab Majmuu' Fataawa wa Rasaa-il 26/96)


Ustadz Najmi Umar Bakkar

https://telegram.me/najmiumar

Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive