Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, February 8, 2023

Jika Pemusik Bicara Urusan Agama

Bismillah...

Ada seorang pemusik/pedangdut dikasih kesempatan berbicara dalam urusan agama, maka wajar yang keluar dari lisannya, "Pakai akal dong sayang". Karena dia tidak tahu bahwa konsep beragama islam adalah sami'naa wa atha'naa (kami mendengar dalil, maka kami ta'at).

Konsep ini sudah ada sejak zaman para sahabat. Ali bin Abi Thalib berkata:

لَوْ كَانَ الدِّينُ بِالرَّأْيِ لَكَانَ أَسْفَلُ الْخُفِّ أَوْلَى بِالْمَسْحِ مِنْ أَعْلَاهُ، وَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَى ظَاهِرِ خُفَّيْهِ.

"Jikalau agama dibangun di atas akal, maka bagian bawah khuf lebih layak untuk diusap dibandingkan yang atas. Sedangkan saya telah melihat Rasulullah mengusap bagian atas khuf" (HR. Abu Daud; Shahih)

Maka, sadar dirilah tuan. Semakin banyak engkau berbicara dalam perkara yang bukan menjadi keahlian engkau, maka apa yang engkau rusak, jauh lebih banyak dari apa yang engkau perbaiki."


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02UjYN4JVjpoUQiwJx9UBU1gSEEZdz9BbBVNgqNAsgJCe612ipPmC7r4qGFvQbngtwl&id=100005840461513


Abdurrahman Al-Amiry

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive