Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, February 7, 2023

(JANGAN) Menolak Sabda Rasulullah Karena Perkataan si Fulan

Menolak Sabda Rasulullah Karena Perkataan si Fulan
Bismillah...

Ahlul bid'ah itu, ketika disampaikan dalil dalam alquran dan assunnah, mereka katakan menurut si fulan demikian, menurut si ALAN ngono, menurut si ULUN begini. 

Jangankan perkataan si fulan, si alan atau si ulun, perkataan Abu Bakar dan Umar saja ditolak kalau sudah berhadapan dengan sabda Nabi sallallahu’alaihi wa sallam. 

Berkata Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma:

 يُوشكُ أَنْ تَنزلَ عَليكُم حِجارة من السماءِ ؛ أَقولُ لَكُم : قالَ رسولُ الله- صلى الله عليه وعلى آله وسلمَّ- وتقُولونَ : قالَ أَبو بكر وعُمر

"Aku khawatir bebatuan dari langit jatuh menimpa kalian, ketika aku katakan: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, tapi kalian malah mengatakan Abu Bakar dan Umar berkata seperti ini". (Riwayat Imam Ahmad). 

Umar bin Abdul Aziz rahimahullah berkata:

 لا رأي لأحد مع سنة سنها رسول الله صلى الله عليه وسلم

"Aku tidak membandingkan (ucapan) seseorang dibanding dengan sebuah sunnah yang telah disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam" (I'lam Al Muwaqqi'in (2/282).

Berkata Imam Syafi'ie rahimahullah:

أجمع المسلمون على أنَّ من استبان له سنَّةٌ عن رسول الله صلى الله عليه وسلم؛ لم يحلَّ له أن يدعها لقول أحدٍ"

"Kaum muslimin telah bersepakat bahwa bagi siapa yang telah jelas baginya sebuah sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya karena perkataan seorangpun" (I'lam Al Muwaqqi'in (2/282).

Berkata Imam Ahmad rahimahullah:

 من رد حديث رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فهو على شفا هلكة

"Barangsiapa yang menolak hadits nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam maka ia berada di tepi jurang kehancuran" (Thabaqat Al Hanabilah (2/15) dan Al Inabah (1/260)).


https://www.facebook.com/903924823277358/posts/pfbid02EDXp4y8TwGiPXw4eGZyMB21z66R38q423wDTiGiY7pmSuGSdMnZ4X9kFBc3xXLLpl/


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive