Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, March 19, 2023

Antara Ramadhan Penggugur Dosa

Antara Ramadhan Penggugur Dosa
Bismillah...

Diantara amal shaleh ada yang dapat menggugurkan dosa-dosa, karena semua dosa dapat diampuni oleh Allah ﷻ dengan sebab amal shaleh yang kita kerjakan, kecuali dosa-dosa besar, karena dosa-dosa besar itu hanya dapat digugurkan dengan taubat..

Dan amal shaleh yang dapat menggugurkan dosa-dosa itu di antaranya adalah shalat lima waktu, shalat jumat dan PUASA RAMADHAN..

Hal itu terlihat dari sabda Beliau ﷺ berikut,

‌‎عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ‏، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ: الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ. مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah* رضي الله عنه, bahwasanya Nabi ﷺ bersabda,

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ

"Shalat lima waktu, shalat jumat ke jumat berikutnya, berpuasa ramadhan ke ramadhan berikutnya adalah penggugur dosa-dosa diantaranya jika dosa-dosa besar dijauhi". (HR. Muslim)

Hadits ini menjelaskan kepada kita, bahwa shalat lima waktu, shalat jumat, dan PUASA RAMADHAN dapat menggugurkan dosa-dosa..

Penggugur dosa seperti ini dikelompokkan oleh para ulama sebagai amal shaleh..

Akan tetapi amal shaleh tersebut menurut jumhur ahlus sunnah hanya dapat menggugurkan dosa-dosa kecil saja, itupun dengan syarat menjauhi dosa-dosa besar..

Adapun dosa-dosa besar, kita harus bertaubat darinya..

 الله أعلم ...

Semoga Allah ﷻ yang maha pemurah mengampuni dosa-dosa kita semua..

آمين ...


✒️Ustadz Fuad Hamzah Baraba, Lc حفظه الله تعالى 


Join Telegram Channel Ar-Raudhoh: https://t.me/fuadhbaraba79

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

 

Share:

Popular Posts

Blog Archive