Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, March 9, 2023

Bantahan Itu Bagian Dari Ilmu

Bantahan Itu Bagian Dari Ilmu
Bismillah...

Jika ada ceramah atau tulisan yang penuh dengan penyimpangan, penuh syubhat, dusta, fitnah dan hoax, maka sudah semestinya yang memilki ilmu untuk membantahnya. Dan ini merupakan bagian dari ilmu. 

Berkata Asy-Syaikh Al-'Allamah Rabi' bin Hadi Al-Madkhali hafizhahullahu ta'ala :

هذه الردود من العلم، معرفة الهدى من الضلال، والخير من الشر هذا والله من العلم الواقي، 

"Bantahan-bantahan ini diantara ilmu. Yakni mengenal petunjuk dari kesesatan dan (mengenal) kebaikan dari keburukan. Ini demi Allah, diantara ilmu yang sifatnya menjaga. 

كما يقول حذيفة -رضي الله عنه-: (كان الناس يسألون رسول الله ﷺ عن الخير وكنت أسأله من الشر مخافة أن يدركني)». مجموع الفتاوى ❪٢٨٢/٤❫.

Sebagaimana yang dikatakan Hudzaifah radhiyallahu 'anhu (Dahulu mereka bertanya kepada Rasulullaah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang kebaikan adapun aku bertanya tentang keburukan karena takut akan menimpaku)". (Majmu Al-Fatawa (4/282)). 

Bantahan-bantahan terhadap penyimpangan-penyimpangan dan syubhat serta terhadap tuduhan, fitnah dan hoax, ini dalam rangka menyelamatkan umat manusia dari tipu daya ahlul bid’ah dan ahlul bathil. 

Berkata Al 'Allamah Rabi' Al Madkhaliy hafizhahullah, 

والله يعلم إننا لا نرد على أهل البدع إلا لإنقاذ الـمخدوعين والمغـرورين بأهل البدع والبـاطل » .

[ "الــمجموع" (٣٢٠/٥) ] .

"Dan Allah mengetahui, sesungguhnya kita, tidaklah membantah ahlu bid'ah, kecuali untuk menyelamatkan orang-orang yang terpedaya dan tertipu oleh ahlu bid'ah dan ahlu bathil". (Al Majmu' 5/320). 

Semoga Allah Ta'ala memberikan ilmu dan kemampuan kepada para dai ahlussunnah untuk senantiasa memberikan bantahan-bantahan ilmiyah terhadap penyimpangan-penyimpangan, tuduhan, fitnah dan hoax dari ahlul bid’ah dan ahlul bathil. 


https://www.facebook.com/903924823277358/posts/pfbid0SWN55VzJnEWMJF5FuLc2JRwbHM4daUUCBXKfqW9Qbg5EinF1hXTbfZ7HZdqVnJBAl/


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive