Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, June 6, 2023

Janji Allah ﷻ vs Janji Setan

Janji Allah ﷻ vs Janji Setan
Bismillah...

Salah satu cara setan menggoda manusia adalah selalu menakut-nakuti dengan kemiskinan. Setan membuat manusia bersikap kikir/pelit, sehingga ia selalu berat dan enggan menginfaqkan hartanya, padahal karunia Allah itu sangat banyak.. 

Allah ﷻ berfirman,

ٱلشَّيْطَٰنُ يَعِدُكُمُ ٱلْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِٱلْفَحْشَآءِ ۖ وَٱللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) ; sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Qs Al-Baqarah/2: 268)

Berkaitan dengan ayat diatas Imam Hasan al-Bashri رحمه الله تعالى berkata,

"قرأتُ في تسعين موضعًا من القرآن: أنَّ الله قدَّرَ الأرزاقَ وضمنها لخلقِه، وقرأتُ في موضعٍ واحد: "الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ"، فشكَكنا في قول الصَّادق في تسعين موضعًا! وصدَّقنا قولَ الكاذب في موضعٍ واحد!"

(ذكره القرطبي في كتاب قمع الحرص بالزهد والقناعة ص٦٠/ الأثر ١٢٠)

"Aku membaca di 90 tempat (ayat) al-Quran yang menyatakan bahwa Allah telah memberikan ketetapan dan jaminan rejeki atas makhluk-Nya. Disaat yang sama, aku membaca hanya dalam satu tempat (ayat) al-Quran yang menyatakan, "Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kalian dengan kefakiran."

Lalu tiba-tiba kita meragukan ketetapan dan jaminan rejeki dari Allah Yang Maha Benar di 90 tempat  (ayat) dan malah meyakini janji palsu setan sang pendusta yang hanya dinyatakan di satu tempat (ayat)". (Al-Qurthubi Qam'u al-Harsh bi za-Zuhd wa al-Qanaa'ah 60/Atsar: 160)

ADA SEBUAH HIKMAH YANG HARUS KITA JADIKAN RENUNGAN

Banyak orang yang enggan berinfak karena khawatir jatuh miskin. Orang yang demikian, secara tidak sadar, lebih mempercayai janji palsu setan yang memang selalu menakut-nakuti orang yang hendak berinfak dengan kefakiran. Padahal hal itu hanya dinyatakan sekali saja dalam al-Quran, Dan disaat yang sama ada sebanyak 90 kali Allah ﷻ menegaskan bahwa Dia telah menetapkan sekaligus menjamin rezeki para hamba-Nya.. 

Padahal jangankan 90 kali, satu kali saja harusnya telah cukup bagi kita untuk meyakini ketetapan dan jaminan tersebut. Sebab ketetapan dan jaminan tersebut datang dari Allah, Tuhan Yang Maha Pencipta, Maha Pemurah dan Pemberi rejeki..

Karena itu, hendaknya kita meski yakin dengan janji dan jaminan Allah ﷻ, jangan pernah ragu apalagi tertipu dengan janji setan. Sebab Allah yang menjamin dan melipat gandakan rezeki di dunia dan pahala di akhirat bagi mereka yang gemar berinfak, sedangkan setan tak dapat berbuat apa-apa selain hanya menakut-nakuti dan memberi janji-janji palsu..


✍🏼 Habibie Quotes

Ig - www.instagram.com/habibiequotes_

Tg - https://t.me/habibiequotes

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive