Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, June 24, 2023

Qurban Adalah Realisasi Takwa, Bukan Ajang Mencari Status

Qurban Adalah Realisasi Takw
Bismillah...

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman

لن ينال الله لحومها ولا دماؤها ولكن يناله التقوى منكم

Daging-daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah akan tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu.” (QS. Al-Hajj: 37)

Syaikh Al-'Allamah Abdurrahman bin Nashir As-Si’di rahimahullah menjelaskan,

ليس المقصود منها ذبحها فقط ولا ينال الله من لحومها ولا دمائها شيء لكونه الغني الحميد وإنما يناله الإخلاص فيها والاحتساب والنية الصالحة، ولهذا قال: { وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ }

Bukanlah yang menjadi tujuan dari ibadah qurban itu hanya sekedar penyembelihan semata. Karena daging dan darah yang dialirkan itu tidak akan sampai kepada Allah sedikitpun, Dia Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Akan tetapi yang sampai kepada-Nya hanyalah niat yang ikhlas, ihtisab (mengharap pahala) serta kesalehan hati. Oleh sebab itu Allah mengatakan, “Tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu”. 

ففي هذا حث وترغيب على الإخلاص في النحر وأن يكون القصد وجه الله وحده لا فخرا ولا رياء ولا سمعة ولا مجرد عادة 

Ayat ini sebagai dorongan untuk ikhlas dalam berqurban yang diharapkan hanya wajah Allah semata dari ketaatannya, BUKAN DIJADIKAN AJANG GENGSI, RIYA’ (NIAT INGIN DILIHAT), SUM’AH (NIAT INGIN DIDENGAR) ATAU RUTINITAS TAHUNAN BELAKA.

وهكذا سائر العبادات إن لم يقترن بها الإخلاص وتقوى الله كانت كالقشور الذي لا لب فيه والجسد الذي لا روح فيه

Dan demikian pula seluruh amalan ibadah bila tidak dilandasi niat yang ikhlas dan takwa maka ibadahnya itu laksana kulit tanpa isi, jasad tanpa ruh.” (Taisirul Karim hlm. 538)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0mrfgZWUfvjDxCDt3ZiXdnVAb8Z1fvBgeWZLazuFAg9gAPMjJkbRFv93X5pwMvPnBl&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive