Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, July 12, 2023

Kesetaraan Pahala, Bukan Kesetaraan Gender

Kesetaraan Pahala, Bukan Kesetaraan Gender
Bismillah...

Asma' binti Yazid Al-Anshariyyah radhiyallahu 'anha pernah suatu hari mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata,

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku utusan dari kaum wanita yang ada di belakangku, mereka semua berkata dengan perkataanku dan berpendapat seperti pendapatku.

Sesungguhnya Allah telah mengutus engkau kepada kaum lelaki dan wanita lalu kami mengimanimu dan mengikuti petunjukmu. Namun kami kaum wanita tidak seperti keadaan mereka kaum lelaki ruang gerak kami terbatas. 

Kami sebagai tempat penyaluran syahwat kaum lelaki dan mengandung anak mereka. Sedangkan kaum lelaki mereka diberi kelebihan dengan shalat berjamaah di masjid, menghadiri jenazah dan berjihad fi sabilillah. Dan apabila mereka keluar berjihad maka kamilah yang menjaga harta dan mendidik anak-anak mereka. Lantas apakah kami menyamai mereka kaum lelaki di dalam mendapatkan pahala wahai Rasulullah?"

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memandang para shahabatnya dan berkata,

"Tidakkah kalian dengar pertanyaan yang paling bagus dari wanita ini yang bertanya tentang agamanya?"

Mereka berkata, "Kami mendengarnya wahai Rasulullah." Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 

انصرفي يا أسماء وأعلمي من وراءك من النّساء أنّ حسن تبعّل إحداكنّ لزوجها وطلبها لمرضاته واتّباعها لموافقته يعدل ذلك كلّ ما ذكرت للرجال 

"Pergilah wahai Asma' dan beritahukan kepada kaum wanita yang ada di belakangmu bahwa muamalah kalian yang baik kepada suaminya, usaha kalian untuk mendapatkan keridhaannya dan taatnya seorang istri kepada suaminya akan MENYAMAI seluruh apa yang engkau sebutkan untuk kaum lelaki."

Asma' kembali sembari bertahlil (mengucapkan laa ilaaha illallaah) dan bertakbir (mengucapkan Allahu akbar) dengan penuh kegembiraan mendengar jawaban Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam."

(Al-Isti'ab Ibnu Abdil Barr, Hamisy Al-Ishabah 4/223)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0DNhCohFtw8vYbLs5kFDdLN17gdx9GZUCAFZ4gaBEFZYLgpGi7CVSpLozQCAETXEol&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

 

Share:

Popular Posts

Blog Archive