Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, July 14, 2023

Menyembunyikan Kebaikan

Menyembunyikan Kebaikan
Bismillah...

Hal yang tersulit bagi kita adalah menyembunyikan kebaikan yang telah kita lakukan. Berkali-kali kita menyimpan kebaikan yang kita lakukan, berjanji tidak memberitahukannya pada manusia, agar terjaga keikhlasan di sisi Allah, namun akhirnya kebaikan itu kita bongkar jua, kita beberkan pada manusia.

Memang niat awalnya adalah tahaddust bin ni’mah (memberitahukan nikmat) Allah yang telah dia anugerahkan pada kita, kadang niat awalnya agar orang mencontoh prilaku kita, namun lambat laun, muncul juga perasaan ingin dipuji manusia, ketika itulah amalan yang kita lakukan gugur bak gugurnya dedaunan diterpa badai.

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu sebutkan”. (QS. Adh-Dhuha: 11).

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman,

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ

Jika kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian” (Al-Baqarah : 271).

Allah ta’ala berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 264

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ لَا تُبۡطِلُوا۟ صَدَقَـٰتِكُم بِٱلۡمَنِّ وَٱلۡأَذَىٰ كَٱلَّذِی یُنفِقُ مَالَهُۥ رِئَاۤءَ ٱلنَّاسِ وَلَا یُؤۡمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلۡیَوۡمِ ٱلۡـَٔاخِرِۖ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia, dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir.

Sekiranya kita mampu menyimpan kebaikan dan menyembunyikan kebaikan sebagaimana kita menyembunyikan keburukan, ku yakin kita kan sukses menuai hasilnya di akhirat.

Khwatirnya kita mengira sudah banyak membawa amal kebaikan di dunia berupa sholat, puasa, sedekah, haji dan umrah, menimba ilmu…dst, ternyata di hari kiamat semua Allah musnahkan karena kita lakukan dengan riya dan sum’ah kita, ingin dipuji dan disanjung makhluk. Hari itulah hari penyesalan yang sudah terlambat.

Ya Allah mudahkan kami untuk selalu berbuat ikhlas, hanya mengharap wajahMu semata, ampunkan kami dari segala kesyirikaan yang kami lakukan dengan sepengetahuan kami, maupun yang kami lakukan tanpa sadar.

________________

Batam, 23 Zulhijjah  1444/12 Juli 2023

Ahmad Ridwan My

Doa berlindung dari syirik

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu sedangkan aku mengetahuinya, dan aku memohon ampun terhadap apa yang tidak aku ketahui.” (H.R. Bukhari no. 716 di dalam Adab Al-Mufrad)

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ، وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا نَعْلَمُ

Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu (makhluk) sedangkan kami mengetahuinya, dan kami memohon ampun kepada-Mu (dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu makhluk) karena kami tidak mengetahuinya.” (H.R. Ahmad no. 19606, Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no 36)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0HggBUqV7owXJjdhc83itDb4f1ai9dc9EETLHvs1qG5a3LJ7iPXMTdd4AejiwjG3ul&id=100001105385773

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive