Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, July 16, 2023

Lahan Kering dan Lahan Basah (Dakwah)

Bismillah...

Seseorang mengatakan, 

"PARA DA'I CARILAH LAHAN KERING DALAM DAKWAH INI, KARENA LAHAN BASAH BERAAAT."

Berdakwah itu tidak mencari mana lahan kering dan mana lahan basah. Karena kalau sudah berbicara lahan kering atau lahan basah, orientasinya sudah dunia.

Berdakwah itu dimana saja, mau dilahan kering atau lahan basah tidak masalah. Dimana pun kita berada, di kota atau didesa, dipedesaan atau metropolitan, dakwah ini wajib bagi yang memiliki ilmu. 

Yang terpenting dakwah itu didasari oleh keikhlasan, tidak mengharapkan upah atau imbalan dari manusia. Karena Para Nabi alaihimush sholatu wassalam, sesungguhnya mereka berdakwah tanpa mengharapkan upah. 

Allah Ta'ala berfirman tentang Nabi Nuh alaihissalam :

وما أسألكم عليه من أجر أن أجرى إلا على رب العالمين

Dan aku sekali-kali tidak minta UPAH kepadamu atas ajakan-ajakan itu; UPAHKU tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.” QS. As-Syauro’: 109

Dan Allah Ta'ala berfirman tentang Nabi Hud, Sholeh, Syuaib, Luth dan yang lainnya serta Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

قُلۡ مَآ أَسۡـَٔلُكُمۡ عَلَيۡهِ مِنۡ أَجۡرٖ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلۡمُتَكَلِّفِينَ

Katakanlah (Muhammad), “Aku tidak meminta UPAH sedikit pun kepadamu atasnya (dakwahku); dan aku bukanlah termasuk orang yang mengada-ada". Surah Shad, Ayat 86

قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِلَّا مَن شَاءَ أَن يَتَّخِذَ إِلَىٰ رَبِّهِ سَبِيلًا

Katakanlah, “Aku tidak meminta imbalan apa pun dari kamu dalam menyampaikan (risalah) itu, melainkan (mengharapkan agar) orang-orang mau mengambil jalan kepada Tuhannya. Surah Al Furqon 57.

Karena sesungguhnya yang merusak dakwah itu kurangnya keikhlasan dan kurangnya ilmu. Sekalipun dilahan basah atau lahan kering, kalau kedua hal ini tidak ada (keikhlasan dan cukup ilmu) maka dampak kerusakannya lebih banyak. 

Berkata Syekh Utsaimin rahimahullah :

هذه الدعوة الإخلاص والعلم; لأن أكثر ما يفسد الدعوة عدم الإخلاص، أو عدم العلم،. القول المفيد ١/١٣٠

Dakwah ini harus mengandung keikhlasan dan ilmu. Karena kebanyakan yang merusak dakwah adalah ketiadaan keikhlasan atau ketiadaan ilmu. (Al Qaulul Mufid 1/130).

Selain merusak dakwah, keberkahan akan sedikit, bahkan hilang, kalau dakwah dimasuki ketamakan dunia. 

Berkata Al-Imam Muqbil Bin Hadi Al-Wadi'i rahimahullah  :

والدعوة عند أن دخلتها المطامع الدنيوية قلَّت بركتها . [ تحفة المجيب (135) ]

"Dan dakwah ini, ketika masuk padanya ketamakan dunia, maka semakin sedikit berkahnya." (Tuhfatul mujib:135).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0byDTtwiXCtRxf8GULbitqWAquEN1Cb8kaB7JtrXnCBnkEWgjSqTP7SfwYFobhWoRl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive