Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, August 31, 2023

Begini Cara Menyingkap Kewalian Seseorang, Apakah Dia Wali Allah ataukah Wali Setan

Cara Menyingkap Kewalian Seseorang, Apakah Dia Wali Allah ataukah Wali Setan
Bismillah...

✨ Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah menjelaskan,

"Apabila tersamar olehmu tentang keadaan seseorang apakah dia wali Allah atau bukan, maka singkaplah dirinya dalam tiga keadaan,

 1). Shalatnya (apakah mengikuti petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ataukah menyelisihi sunnah)

 2). Kecintaannya kepada sunnah dan orang-orang yang berpegang teguh dengannya ataukah memusuhi mereka.

 3). Dakwahnya mengajak kepada Allah dan petunjuk Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam, menjernihkan tauhid, mengikuti sunnah dan menjadikan sunnah itu sebagai pemutus perkara.

📍 Timbanglah dengan ketiga perkara tersebut di atas dan janganlah engkau timbang dengan keadaan yang lain, jangan pula dengan KASYAF atau HAL-HAL YANG ANEH semisal mengaku mendapat wahyu (berdialog dengan Allah dan Rasul dalam mimpi) meski dia sanggup berjalan di atas air dan terbang di udara.” 

📚 Ar-Ruh hlm. 265

📎 Dengan demikian wali Allah hanyalah orang yang beriman dengan keimanan yang benar seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para shahabat beliau.

👤 Orang yang bertakwa dengan ilmunya, menyeru kepada tauhid, bukan kepada pengultusan individu, tidak pula meninggalkan syariat dengan dalih sudah mencapai level makrefat atau hakekat.

📈 Semakin tinggi keimanan dan ketakwaan seorang hamba maka semakin tinggi pula derajat kewaliannya di sisi Allah.

☝🏻 Namun kebanyakan orang menilai hanya mengandalkan mata kepala atau berdasar katanya sehingga mudah tertipu dan terpedaya, bukan menilai dengan mata hatinya yaitu ilmu dan lurusnya pemahaman.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02JnGFX64S6hFqpWFbUvocuuw22nZR3dkYixxFW4c9Jc5WKvy1QNcv2y5Z7fA497KAl&id=100001764454087


Share Yuk! | 

Join Telegram | https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive