Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, August 31, 2023

Keutamaan Sahabat Thalhah dan Zubair رضي الله عنهما (Bag. 2)

Keutamaan Sahabat Thalhah dan Zubair رضي الله عنهما (Bag. 2)
Bismillah...

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ

كُنْتُ أَنَا وَعُمَرُ بْنُ أَبِي سَلَمَةَ يَوْمَ الْخَنْدَقِ مَعَ النِّسْوَةِ فِي أُطُمِ حَسَّانَ فَكَانَ يُطَأْطِئُ لِي مَرَّةً فَأَنْظُرُ وَأُطَأْطِئُ لَهُ مَرَّةً فَيَنْظُرُ فَكُنْتُ أَعْرِفُ أَبِي إِذَا مَرَّ عَلَى فَرَسِهِ فِي السِّلَاحِ إِلَى بَنِي قُرَيْظَةَ قَالَ وَأَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِأَبِي فَقَالَ وَرَأَيْتَنِي يَا بُنَيَّ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ أَمَا وَاللَّهِ لَقَدْ جَمَعَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَئِذٍ أَبَوَيْهِ فَقَالَ فَدَاكَ أَبِي وَأُمِّي

Dari 'Abdullah bin Az Zubair dia berkata, "Pada saat terjadi perang Khandak, aku dan Umar bin Abu Salamah berada di benteng Hassan bersama kaum wanita. Suatu ketika ia merundukkan kepalanya kepadaku dan aku memperhatikannya. Lalu aku pun merundukkan kepalaku kepadanya dan ia pun memperhatikannya..

Aku mengenali ayahku dengan baik ketika ia lewat dengan mengendarai kuda sambil menyandang senjata menuju Bani Quraizhah". 

Perawi hadits berkata, "Aku diberitahu oleh Abdullah bin Urwah dari Abdullah bin Zubair dia berkata, 'Lalu aku tuturkan hal itu kepada ayahku', dan ia pun berkata, 'Apakah kamu melihatku hai anakku?'.

Aku menjawab, "Ya, hai ayah!" 

Ayahku berkata, "Demi Allah, pada hari itu Rasulullah ﷺ mengumpulkan kedua orangtuanya untukku seraya berkata, 'Tebusanmu adalah bapak dan ibuku!'."

(HR. Imam Muslim no. 2416 Kitab Keutamaan Sahabat, Bab Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiyallahu 'anhuma, Syarh Shahih Muslim)

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive