Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, August 4, 2023

Mutiara Salaf : Kecintaan Allah Terhadap Bersatunya Hati Para Hamba-Nya

Mutiara Salaf : Kecintaan Allah Terhadap Bersatunya Hati Para Hamba-Nya
Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Al Imam Muhammad bin Ismail ash-Shon’any (W1182H) rohimahullah berkata,

ุงู†ุธุฑ ููŠ ุญูƒู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆู…ุญุจุชู‡ ู„ุงุฌุชู…ุงุน ุงู„ู‚ู„ูˆุจ ูƒูŠู ุญุฑู… ุงู„ู†ู…ูŠู…ุฉ -ูˆู‡ูŠ ุตุฏู‚!- ู„ู…ุง ููŠู‡ุง ู…ู† ุฅูุณุงุฏ ุงู„ู‚ู„ูˆุจ ูˆุชูˆู„ูŠุฏ ุงู„ุนุฏุงูˆุฉ ูˆุงู„ูˆุญุดุฉ! ูˆุฃุจุงุญ ุงู„ูƒุฐุจ -ูˆุฅู† ูƒุงู† ุญุฑุงู…ุง!- ุฅุฐุง ูƒุงู† ู„ุฌู…ุน ุงู„ู‚ู„ูˆุจ ูˆุฌู„ุจ ุงู„ู…ูˆุฏุฉ ูˆุฅุฐู‡ุงุจ ุงู„ุนุฏุงูˆุฉ!

Perhatikanlah hikmah Allah dan kecintaan-Nya terhadap bersatunya hati hamba-hamba-Nya.

Dia (Allah) mengharamkan tindakan mengadu domba walaupun yang disampaikan itu benar karena mengandung upaya merusak hati dan melahirkan permusuhan, serta kerenggangan hubungan.

Sementara itu, Dia (Allah) membolehkan dusta walaupun hukum asalnya haram jika tujuannya untuk menyatukan hati, meraih kecintaan, dan melenyapkan permusuhan..!

(Subulus Salam – 4/203)

===๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด===

ุฃَู†َّ ุฃُู…َّู‡ُ ุฃُู…َّ ูƒُู„ْุซُูˆู…ٍ ุจِู†ْุชَ ุนُู‚ْุจَุฉَ ุจْู†ِ ุฃَุจِู‰ ู…ُุนَูŠْุทٍ ูˆَูƒَุงู†َุชْ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُู‡َุงุฌِุฑَุงุชِ ุงู„ุฃُูˆَู„ِ ุงู„ู„ุงَّุชِู‰ ุจَุงูŠَุนْู†َ ุงู„ู†َّุจِู‰َّ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุฃَุฎْุจَุฑَุชْู‡ُ ุฃَู†َّู‡َุง ุณَู…ِุนَุชْ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูˆَู‡ُูˆَ ูŠَู‚ُูˆู„ُ « ู„َูŠْุณَ ุงู„ْูƒَุฐَّุงุจُ ุงู„َّุฐِู‰ ูŠُุตْู„ِุญُ ุจَูŠْู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ ูˆَูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฎَูŠْุฑًุง ูˆَูŠَู†ْู…ِู‰ ุฎَูŠْุฑًุง ». ู‚َุงู„َ ุงุจْู†ُ ุดِู‡َุงุจٍ ูˆَู„َู…ْ ุฃَุณْู…َุนْ ูŠُุฑَุฎَّุตُ ูِู‰ ุดَู‰ْุกٍ ู…ِู…َّุง ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุงู„ู†َّุงุณُ ูƒَุฐِุจٌ ุฅِู„ุงَّ ูِู‰ ุซَู„ุงَุซٍ ุงู„ْุญَุฑْุจُ ูˆَุงู„ุฅِุตْู„ุงَุญُ ุจَูŠْู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ ูˆَุญَุฏِูŠุซُ ุงู„ุฑَّุฌُู„ِ ุงู…ْุฑَุฃَุชَู‡ُ ูˆَุญَุฏِูŠุซُ ุงู„ْู…َุฑْุฃَุฉِ ุฒَูˆْุฌَู‡َุง.

Ummu Kultsum binti ‘Uqbah bin ‘Abi Mu’aythin, ia di antara para wanita yang berhijrah pertama kali yang telah membaiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia mengabarkan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak disebut pembohong jika bertujuan untuk mendamaikan dia antara pihak yang berselisih di mana ia berkata yang baik atau mengatakan yang baik (demi mendamaikan pihak yang berselisih).”

Ibnu Syihab berkata, “Aku tidaklah mendengar sesuatu yang diberi keringanan untuk berdusta di dalamnya kecuali pada tiga perkara, “Peperangan, mendamaikan yang berselisih, dan perkataan suami pada istri atau istri pada suami (dengan tujuan untuk membawa kebaikan rumah tangga).” (HR. Bukhari no. 2692 dan Muslim no. 2605, lafazh Muslim)


๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/63777

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive