Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, August 23, 2023

Nahasnya Orang yang Ikut-ikutan, Begini Nasibnya pada Hari Kiamat

Nahasnya Orang yang Ikut-ikutan, Begini Nasibnya pada Hari Kiamat
Bismillah...

🗣️ Ikut-ikutan tanpa tau ujung pangkalnya, tanpa mengerti ilmu dan duduk permasalahannya, ikut-ikutan memusuhi, ikut-ikutan membenci, ikut-ikutan melontarkan tuduhan merupakan perilakunya masyarakat jahiliah yang sangat kontras dengan ajaran Islam.

📍 Allah subhanahu wa ta'ala mengabarkan tatkala manusia seluruhnya dikumpulkan di Padang Mahsyar, berkatalah para pengikut yang loyal kepada tokoh panutannya yang sombong menolak kebenaran,

إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ أَنتُم مُّغْنُونَ عَنَّا مِنْ عَذَابِ ٱللَّهِ مِن شَىْءٍ ۚ

"Sesungguhnya kami dahulu adalah pengikut-pengikutmu maka dapatkah engkau menghindarkan kami dari azab Allah sedikitpun?” 

(QS. Ibrahim: 21)

✨ Al-Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahullah menjelaskan siapa yang dimaksud para pengikut dan tokoh yang dikaguminya itu,

فقال التباع منهم للمتبوعين وهم الذين كانوا يستكبرون في الدنيا عن إخلاص العبادة لله واتباع الرسل الذين أرسلوا إليهم

"Berkatalah "at-tubba'" (para pengikut) kepada tokoh-tokoh yang diikutinya; mereka adalah orang-orang yang sangat sombong di dunia dari memurnikan ibadah kepada Allah dengan tauhid dan mengikuti sunnah para Rasul yang diutus kepada mereka.

📚 Jami'ul Bayan Fi Ta'wilil Qur'an

✨ Al-Hafidzh Ibnu Katsir Asy-Syafii rahimahullah berkata,

وهم الأتباع لقادتهم وسادتهم وكبرائهم الذين استكبروا عن عبادة الله وحده لا شريك له وعن موافقة الرسل 

"Mereka adalah orang-orang yang mengikuti para pimpinannya, tokohnya dan para pembesarnya yang sombong menolak mentauhidkan Allah dan tidak menyekutukan-Nya, dan menyelisihi ajaran para Rasul." 

📚 Tafsirul Qur'anil 'Adzhim

✨ Syaikh Al-'Allamah Abdurrahman bin Nashir As-Si'di rahimahullah berkata,

أي: التابعون والمقلدون { لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا } وهم:  المتبوعون الذين هم قادة في الضلال

"Orang-orang yang lemah yaitu para pengikut yang fanatik dan taqlid buta kepada orang-orang yang sombong yaitu para pimpinan dalam kesesatan.

📚 Taisirul Karimirrahman

💧 Semoga Allah menjauhkan kaum muslimin dari sikap fanatik buta yang sering dibungkus dengan LABEL BUDAYA, bahkan IKUT ULAMA dan ORANG SALEH.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid04SxBrnEvi8kH59oDT14oGbgoNgLPaSQsHvynqY6ADQCJXWtUsqzyaFuYKPDkSJWsl&id=100001764454087

.................

©️ Share Yuk!

Join Telegram Channel

https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive