Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, September 21, 2023

Merayakan (Peringatan) Ulang Tahun

Merayakan (Peringatan) Ulang Tahun
Bismillah...

Sungguh sangat mengherankan sebagian orang di zaman sekarang ini, yang senantiasa merayakan ulang tahunnya disetiap tanggal kelahirannya dengan penuh kegembiraan. Bahkan perayaannya penuh dengan berbagai macam maksiat. Seperti adanya musik dan nyanyian, campur baur laki dan perempuan, minuman keras dan berbagai kemaksiatan lainnya. 

Berbeda dengan para salaf, setiap bertambah umurnya, bertambah pula kesedihannya. Karena mereka menyadari bahwa jatah hidup semakin berkurang, kematian pun semakin dekat, sedangkan amal shaleh untuk bekal di akhirat belum maksimal, itupun belum tentu diterima dan dosa semakin bertambah, yang entah diampuni atau tidak. 

Imam Malik Bin Anas rahimahullah ditanya, 

"كيفَ أصبحتَ؟ فقال: في عُمُرٍ ينقُصُ وذُنُوبٍ تَزيدُ". (مقدّمة شرح الزرقاني على الموطأ)(١/ ٥٤)

Bagaimana keadaan Engkau pagi ini? 

Beliau berkata :

UMUR semakin BERKURANG dan DOSA semakin BERTAMBAH. (Syarah Az Zarqani Ala Muwatha 1/54).

Berkata Basyr bin Al Harits rahimahullah,

مررت برجل من العُبَّاد بالبصرة وهو يبكي فقلت ما يُبكيك فقال أبكي على ما فرطت من عمري وعلى يومٍ مضى من أجلي لم يتبين فيه عملي

Aku melewati seorang laki-laki dari ahlu ibadah di Bashroh, ia sedang menangis. 

Aku bertanya, 'Apa yang menyebabkanmu menangis?' 

Dia menjawab, 'Aku menangis karena umur yang luput dariku dan atas hari yang telah berlalu, semakin dekat pula ajalku, namun belum jelas juga amalku'.” (Mujalasah wa Jawahir Al ‘Ilm). 

Berkata Ibnu Aun rahimahullah :

لا تثق بكثرة العمل ؛ فإنك لا تدري أيقبل منك أم لا، ولا تأمن ذنوبك ؛ فإنك لا تدري أكفرت عنك أم لا ، إن عملك مغيب عنك كله.

"Janganlah engkau mengandalkan banyaknya amalan, karena engkau tidak tahu apakah DITERIMA (amal) darimu ataukah tidak, dan janganlah engkau merasa aman dari dosa-dosamu, karena engkau tidak tahu apakah telah TERHAPUSKAN (dosa) darimu ataukah tidak, sesungguhnya seluruh amalanmu adalah perkara yang tersembunyi darimu". (Jami'ul Ulum wal Hikam (187)). 


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0b6N2yhMfsPnspt3yZBdgzQhFECxsBEcgbybN2fuUmypcsm38HmbaUYdk4kKeie1Sl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive