Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, September 5, 2023

Mereka Adalah Keamanan Untuk Umat Islam

Mereka Adalah Keamanan Untuk Umat Islam
Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ุงู„ู†ุฌูˆู… ุฃู…ู†ุฉ ู„ู„ุณู…ุงุก ูุฅุฐุง ุฐู‡ุจุช ุงู„ู†ุฌูˆู… ุฃุชู‰ ุงู„ุณู…ุงุก ู…ุง ุชูˆุนุฏ ูˆุฃู†ุง ุฃู…ู†ุฉ ู„ุฃุตุญุงุจูŠ ูุฅุฐุง ุฐู‡ุจุช ุฃุชู‰ ุฃุตุญุงุจูŠ ู…ุง ูŠูˆุนุฏูˆู† ูˆุฃุตุญุงุจูŠ ุฃู…ู†ุฉ ู„ุฃู…ุชูŠ ูุฅุฐุง ุฐู‡ุจ ุฃุตุญุงุจูŠ ุฃุชู‰ ุฃู…ุชูŠ ู…ุง ูŠูˆุนุฏูˆู†

Bintang adalah keamanan untuk langit. Apabila bintang telah pergi maka datanglah kepada langit yang dijanjikan (kiamat).

Aku adalah keamanan untuk para shahabatku. Apabila aku telah pergi, akan datang kepada shahabatku apa yang dijanjikan (berupa fitnah).

Dan para shahabatku adalah keamanan untuk ummatku. Apabila para shahabatku telah pergi, akan datang kepada ummatku apa yang dijanjikan (berupa bid’ah dan kesesatan)..

(HR Muslim, hadits no 4569, bab Bayan Anna Baqa’a Nabiyyi Shallallahu Alaihi Wasallam  halaman 352, juz 12, Ahmad, no. 18745, bab Hadits Abi Musa Al-Ass’ari, juz 40 hal. 62)

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Maka ikutilah para shahabat Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam dalam cara beragama..

Mereka adalah keamanan untuk ummat Islam..

Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu mengatakan,

ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ู…ُุณْุชَู†ًّุง ูَู„ْูŠَุณْุชَู†َّ ุจِู…َู†ْ ู‚َุฏْ ู…َุงุชَ، ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ุฃَุตْุญَุงุจُ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒَุงู†ُูˆุง ุฎَูŠْุฑَ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ุฃُู…َّุฉِ، ุฃَุจَุฑَّู‡َุง ู‚ُู„ُูˆุจًุง، ูˆَุฃَุนْู…َู‚َู‡َุง ุนِู„ْู…ًุง، ูˆَุฃَู‚َู„َّู‡َุง ุชَูƒَู„ُّูًุง، ู‚َูˆْู…ٌ ุงุฎْุชَุงุฑَู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู„ِุตُุญْุจَุฉِ ู†َุจِูŠِّู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆَู†َู‚ْู„ِ ุฏِูŠู†ِู‡ِ، ูَุชَุดَุจَّู‡ُูˆุง ุจِุฃَุฎْู„ุงู‚ِู‡ِู…ْ ูˆَุทَุฑَุงุฆِู‚ِู‡ِู…ْ، ูَู‡ُู…ْ ูƒَุงู†ُูˆุง ุนَู„َู‰ ุงู„ْู‡َุฏْูŠِ ุงู„ْู…ُุณْุชَู‚ِูŠู…ِ

Barang siapa di antara kalian ingin mencontoh, maka hendaklah mencontoh orang yang telah wafat, yaitu para Shahabat Rasulullah, karena orang yang masih hidup tidak akan aman dari fitnah, Adapun mereka yang telah wafat, merekalah para Sahabat Rasulullah, mereka adalah ummat yang terbaik saat itu, mereka paling baik hatinya, paling dalam ilmunya, paling baik keadaannya. Mereka adalah kaum yang dipilih Allah untuk menemani NabiNya, dan menegakkan agamaNya, maka kenalilah keutamaan mereka, dan ikutilah jejak mereka, karena sesungguhnya mereka berada di atas jalan yang lurus.

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Ibnu Taimiyah rohimahullah berkata,

ูุนู„ู‰ ูƒู„ ู…ู† ุงู†ุชุณุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฏูŠู†

‏ุจู‚ูˆู„ ุฃูˆ ุนู…ู„ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ู…ุชุจุนู€ู€ู€ุงً

‏ู„ู„ุตุญุงุจุฉ، ู…ู‚ุชุฏูŠุง ุจู‡ู….

Atas setiap yang menisbatkan dirinya kepada agama ini baik dengan ucapan maupun perbuatan, hendaklah ia mengikuti para shahabat dan menjadikan mereka sebagai teladan..

(Jami’ul Masaail 1/193)


Diterjemahkan oleh, Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

======๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด======

๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/64185

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive