Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, October 2, 2023

7 Wasiat Rasulullah ﷺ Kepada Abu Dzar Al Ghifari رضي الله عنه

7 Wasiat Rasulullah ﷺ Kepada Abu Dzar Al Ghifari رضي الله عنه
Bismillah...

عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: أَوْصَانِيْ خَلِيْلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ : بِحُبِّ الْمَسَاكِيْنِ وَأَنْ أَدْنُوَ مِنْهُمْ، وَأَنْ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلُ مِنِّي وَلاَ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ فَوقِيْ، وَأَنْ أَصِلَ رَحِمِيْ وَإِنْ جَفَانِيْ، وَأَنْ أُكْثِرَ مِنْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، وَأَنْ أَتَكَلَّمَ بِمُرِّ الْحَقِّ، وَلاَ تَأْخُذْنِيْ فِي اللهِ لَوْمَةُ لاَئِمٍ، وَأَنْ لاَ أَسْأَلَ النَّاسَ شَيْئًا.

Dari Abu Dzar رضي الله عنه, ia berkata, “Kekasihku (Rasulullah) ﷺ berwasiat kepadaku dengan tujuh hal : 

(1) Supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka,

(2) Beliau ﷺ memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada dibawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada diatasku,

(3) Beliau ﷺ memerintahkan agar aku menyambung silaturahmiku meskipun mereka berlaku kasar kepadaku,

(4) Aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan

LAA HAULAA WALAA QUWATAA ILAA BILLAAH

"Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah".

(5) Aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit,

(6) Beliau ﷺ berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam berdakwah kepada Allah, dan

(7) Beliau ﷺ melarang aku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia.

[Hadits shahih riwayat Imam Ahmad (V/159). Imam ath Thabrani (II/156, no. 1649). Imam Ibnu Hibban no. 2041. Imam Abu Nu’aim (I/214, no. 521). Imam al-Baihaqi as-Sunanul-Kubra (X/91)]

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive