Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, October 20, 2023

Bidadari Dunia

permata dunia berupa istri solehah
Bismillah...

Rumah tangga akan menjadi taman-taman surga seorang mukmin apabila ia memiliki permata dunia berupa istri solehah.

Dengannya segala beban hidup yang berat kan menjadi ringan, derai air mata menjadi tawa, duka nestapa menjadi bahagia.

Kehadirannya di rumah tangga akan merubah empedu menjadi madu, merubah cuka menjadi anggur, merubah pasir menjadi permata, merubah racun menjadi penawar.

Denyut nadi hidupnya adalah pengabdian tulus tanpa pamrih sepanjang masa kepada suami dalam rangka mencari ridho Rahman.

Sebening embun pagi murni cintanya pada suami, Selembut sutera perangai dan akhlaknya pada suami. Sungguh ialah bidadari dunia.

📖 Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ألا أخبركم بخير نسائكم من أهل الجنة! الودود الولود العئود لزوجها التي إذا ظلمت قالت: هذه يدي في يدك لا أذوق غمضاً حتى ترضى. رواه الدارقطني والطبراني، وحسنه الألباني.

Mahukah kuberitahukan kalian istri kalian yang terbaik dan calon penghuni surga? dialah wanita yang penuh cinta, subur yang senantiasa mencari ridho suaminya. Apabila ia berbuat zalim atau dizalimi suami ia segera berkata: “duhai suami… inilah tanganku yang terulur pada tanganmu memohon maafmu. Sungguh aku tak mampu memejamkan mata hingga engkau ridho padaku”.

📚 [HR. Ad-Darul Qutni, at-Thabarani dan dihasankan Syeikh Al-Albani].

🔰 Dalam riwayat imam An-Nasa’i di Sunan Kubra dengan redaksi

التي إذا آذت أو أوذيت جاءت حتى تأخذ بيد زوجها ثم تقول: والله لا أذوق غمضاً حتى ترضى.

🌷 Dialah wanita yang bila menyakiti suaminya atau disakiti suaminya segera datang merebut tangan suaminya sambil berkata: “demi Allah sungguh daku tak mampu memejamkan mata ini hingga dirimu ridho padaku”.

Dari Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah.” (HR. Muslim, no. 1467)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu,

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرٍ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ إِذَا نَظرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ، وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهُ، وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهُ

Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik simpanan seorang lelaki, yaitu istri salehah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Daud, no. 1664.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci (HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2: 251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, 

مِنْ سَعَادَةِ ابْنِ آدَمَ ثَلَاثَةٌ وَمِنْ شِقْوَةِ ابْنِ آدَمَ ثَلَاثَةٌ مِنْ سَعَادَةِ ابْنِ آدَمَ الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ وَالْمَسْكَنُ الصَّالِحُ وَالْمَرْكَبُ الصَّالِحُ وَمِنْ شِقْوَةِ ابْنِ آدَمَ الْمَرْأَةُ السُّوءُ وَالْمَسْكَنُ السُّوءُ وَالْمَرْكَبُ السُّوءُ

Ada tiga hal yang membahagiakan dan menyengsarakan manusia. Yang membahagiakan manusia adalah: (1) istri salehah, (2) tempat tinggal yang baik, (3) kendaraan yang menyenangkan. Yang menyengsarakan manusia adalah: (1) istri yang tidak saleh, (2) tempat tinggal yang jelek, (3) kendaraan yang tidak menyenangkan.” (HR. Ahmad, 1:168)

Ingatlah firman Allah,

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).” (QS. An-Nisaa’: 34)

🌷 Dialah istri qona’ah tak banyak maunya, tawadhu dan merendah kepada suaminya. Penuh kelembutan dan kesederhanaan, penyabar dan bersahaja.

🌷 Sungguh seandainya dibolehkan sujud kepada suaminya, niscaya ia takkan ragu bersimpuh sujud di kaki suaminya.

Setitik asa kepada semua wanita…

🌺 Jadilah bidadari bagi suamimu 🌺


✍️ Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, Lc., M.A حفظه الله تعالى


https://www.abufairuz.com/2016/keluarga/bidadari-dunia/

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive