Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, October 20, 2023

Pohon Keramat

Pohon Keramat
Bismillah...

Dongeng jadul yang masih laris manis di kalangan orang yang tidak beriman kepada Allah Ta'ala.

Abu Waqid al Laitsi rodhiyallahu ‘anhu, berkisah: 

Pada suatu hari kami menyertai Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam pergi ke daerah Hunain. Kala itu kami baru saja masuk Islam dan meninggalkan kekafiran. 

Kaum musyrikin memiliki satu pohon bidara yang mereka keramatkan. Mereka bertapa di sekitarnya, dan menggantungkan senjata-senjata mereka di atasnya. Pohon itu mereka juluki dengan sebutan Dzaatu Anwaath. 

Ketika kami melewati pohon itu, sebagian kami berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:  

يَا رَسُولَ اللَّهِ اجْعَلْ لَنَا ذَاتَ أَنْوَاطٍ كَمَا لَهُمْ ذَاتُ أَنْوَاطٍ

Wahai Rosulullah, pilihkan untuk kami satu pohon untuk menggantungkan senjata senjata kami serupa dengan pohon Dzaatu Anwaath mereka.’ 

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam terkejut dan kemudian bersabda:  

سُبْحَانَ اللَّهِ هَذَا كَمَا قَالَ قَوْمُ مُوسَى (اجْعَلْ لَنَا إِلَهًا كَمَا لَهُمْ آلِهَةٌ) وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَتَرْكَبُنَّ سُنَّةَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ

Maha Suci Allah, sungguh ucapan kalian itu seperti ucapan Bani Isroil yang berkata kepada Musa: 'buatkanlah untuk kami beberapa sesembahan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa sesembahan (berhala).’ (Al A'raaf 138)

Kemudian Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh kalian pasti akan meniru jejak/ cara cara orang sebelum kalian.” (Tirmidzi 2180, Abdur Rozzaq, ibnu Jarir).

Hari ini, perilaku semisal ini masih saja laku, padahal pendidikan sudah maju, keterbukaan informasi dan tekhnologi sudah berkembang pesat.

Hingga hari ini kita masih menemui pohon yang disarungi, sedangkan anak dan istrinya dibiarkan telanjang. Bebatuan yang disuguhi sesajian, sedangkan tetangganya dibiarkan menderita kelaparan.

Namun itulah hidayah, bila Allah telah menyesatkan seseorang, maka tiada yang kuasa membukakan pintu hatinya untuk menerima hidayah.

Ya Allah, teguhkan iman kami hingga akhir hayat kelak. AMIIN.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02keHw4aRLsPvjPEXD968gdxymefGnUuaYmHKCdph7dyP8G8YGAdH55Bq6gTpyeRkxl&id=100044302190144

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive