Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, October 9, 2023

Pernikahan Semusim

Pernikahan Semusim
Bismillah...

Mencari pasangan hidup hendaklah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam syariat. Dahulukan agama dan akhlaknya, baru menyusul keindahan rupa dan bentuknya. Jangan pernah dibalik, paras dulu baru agama nomer sekian, tujuannya agar pernikahan menjadi langgeng.

Terpesona dengan wajah yang ayu dan tampan, tubuh yang semampai dan atletis, pekerjaan yang bagus, anak sultan dan putri TuanTakur adalah hal yang wajar dan manusiawi. 

Namun bila sampai mengabaikan agama dan akhlak, maka bersiaplah menjalani pernikahan semusim. Bila musim telah berlalu pernikahanpun berakhir.

Di sebagian tempat, musim menikah dan bercerai menyesuaikan dengan musim panen dan musim paceklik. Bila datang musim panen, kau akan melihat janur kuning dimana-mana terpancang, acara resepsi berjibun, dan hingar-bingar musik dan karaoke membahana di seantero negeri. Namun bila musim kemarau panjang datang, tanaman mengering dan ekonomi negeri merosot, mulai pula datang musim perceraian.

Menikah karena mendahulukan agama dan akhlak adalah pernikahan yang abadi meski musim berubah, umur bertambah, tubuh melemah, bahkan walau jasmani telah hancur dipendam tanah.

Menikah karena agama karena akhlak dan takwa kan bermula pelayarannya di samudera dunia dan akhirnya berlabuh di dermaga surga, dengan segala kenikmatannya.

Yang terpesona dengan raga, maka sesungguhnya raga kan binasa, jasmani kan menua, harta benda dan pangkat suatu hari kan tiada.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02E1dvvNo1R7Un1vbTUycbnabdrvUydRwQmuG1gvra4DGCKXDRgmu1rZkRijpxtNoDl&id=100001105385773


Batam, 19 Shafar 1445/ 05 Sept 2023

Ahmad Ridwan My

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive