Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, October 21, 2023

Sibuk Memperingatkan Kaum Muslimin

Bismillah...

Sebagian orang mengatakan, "Musuh-musuh Islam dari kalangan Yahudi, Nasrani, Sekuler, Atheis dan semisalnya gencar memusuhi dan memerangi kaum muslimin, sedangkan kenapa kalian masih sibuk memperingatkan sebagian kaum muslimin dari kesyirikan dan kebid'ahan?"

Membersihkan umat islam dari amalan syirik dan bid'ah merupakan dasar kekuatan untuk melawan musuh-musuh islam. Bagaimana mungkin bisa menang melawan orang kafir kalau sebagian besar kaum muslimin masih asik bergelut dengan kesyirikan dan kebid'ahan, oleh karena itu, sudah sepatutnya mereka diperingatkan dari segala macam kesyirikan dan kebid'ahan, agar mereka memurnikan tauhidnya dan mengikuti sunnah.

Allah Ta'ala berfirman:

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (Surah An Nur 55).

Disebutkan dalam tafsir Al-Muyassar :

وعد الله بالنصر الذين آمنوا منكم وعملوا الأعمال الصالحة، بأن يورثهم أرض المشركين، ويجعلهم خلفاء فيها، مثلما فعل مع أسلافهم من المؤمنين بالله ورسله، وأن يجعل دينهم الذي ارتضاه لهم- وهو الإسلام- دينًا عزيزًا مكينًا، وأن يبدل حالهم من الخوف إلى الأمن، إذا عبدوا الله وحده، واستقاموا على طاعته، ولم يشركوا معه شيئًا

Allah menjanjikan kemenangan bagi orang-orang yang beriman dari kalian dan mengerjakan amal-amal shalih, dengan mewariskan kepada mereka tanah kekuasaan kaum musyrikin dan menjadikan mereka penguasa padanya, sebagaimana Allah memperlakukan para pendahulu mereka dari kalangan kaum Mukminin yang beriman kepada Allah dan rasul-rasulNya, dan menjadikan agama mereka yang diridhaiNya bagi mereka (yaitu Islam) sebagai agama mulia lagi kuat dan menggantikan keadaan mereka dari ketakutan menuju keadaan aman, bila mereka beribadah kepada Allah semata dan istiqamah di atas ketaatan kepadaNya, tidak mempersekutukan sesuatu pun bersamaNya. (Tafsir Al-Muyassar).

Syekh Sholeh Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

ﻟﻤــﺎﺫﺍ ﺍﻟﺘﺤﺬﻳــﺮ ﻣــﻦ ﺃﻫــﻞ ﺍﻟﺒــﺪﻉ وﺍﻷﻣــﺔ ﺗﺼــﺎﺭﻉ ﺍﻟﻌــﺪﺍﻭﺓ ﻣــﻊ ﺍﻟﻴﻬــﻮﺩ ﻭﺍﻟﻨﺼــﺎﺭﻯ ﻭﺍﻟﻌﻠﻤﺎﻧﻴﻴــﻦ؟

Mengapa mentahdzir (memperingatkan) dari ahlul bid’ah, sedangkan ummat berseteru (konflik) permusuhan dengan Yahudi, Nashrani (Kristen), dan orang-orang sekuler?

Beliau menjawab :

ما يمكن للمسلمين أنهم يقاومون اليهود والنصارى إلا إذا قاوموا البدع التي بينهم، يعالجون أمراضهم أولًا حتى ينتصروا على اليهود والنصارى،

Tidak mungkin bagi kaum muslimin bahwasanya mereka bangkit (melawan) Yahudi dan Nashrani kecuali kalau mereka bangkit (melawan) bid’ah yang ada diantara mereka, mengobati penyakit-penyakit mereka terlebih dahulu sehingga mereka bisa mengalahkan Yahudi dan Nashrani.

أمّا ما دام المسلمون مضيِّعين لدينهم ومرتكبين للبدع والمحرمات ومقصِّرين في امتثال شرع الله فلن ينتصروا على اليهود ولا على النصارى، وإنما سُلِّطوا عليهم بسبب تقصيرهم في دينهم،

Adapun selama kaum muslimin menyia-nyiakan agama mereka, melakukan perbuatan bid’ah dan yang haram dan melalaikan dalam mematuhi syariat Allah, maka mereka tidak akan menang melawan Yahudi dan Nashrani, dan sesungguhnya mereka (orang-orang kafir) akan menguasai atas mereka (kaum muslimin) disebabkan kelalaian mereka terhadap agama mereka.

فيجب تطهير المجتمع من البدع وتطهيره من المنكرات ويجب امتثال أوامر الله وأوامر الرسول صلى الله عليه وسلم قبل أن نحارب اليهود والنصارى، وإلا إذا حاربنا اليهود والنصارى ونحن على هذه الحالة فلن ننتصر عليهم أبدًا وسينتصرون علينا.

ﺍﻟﻤﺼﺪﺭ : ﺍﻹﺟﺎﺑــﺎﺕ ﺍﻟﻤﻬﻤــﺔ ﻓــﻲ ﺍﻟﻤﺸﺎﻛــﻞ ﺍﻟﻤﻠﻤّــﺔ

Maka wajib membersihkan masyarakat dari bid’ah dan membersihkan dari kemungkaran-kemungkaran, dan wajib menegakkan perintah-perintah Allah dan perintah-perintah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum kita memerangi Yahudi dan Nashara, kalau tidak, apabila kita memerangi Yahudi dan Nasharani sementara keadaan kita seperti ini, maka kita tidak akan menang melawan mereka selama-lamanya, bahkan mereka akan menang atas kita, disebabkan dosa-dosa kita. (Al Ijabaat Al Muhimmah fiil Masyakil Al Mulimmah, Jilid 1, halaman 150 – 151). 

Sumber : https://ar.alnahj.net/audio/695 

Maka untuk itu janganlah marah dan kebakaran kumis kalau ada seseorang yang memperingatkan kaum muslimin dari bahaya kesyirikan dan bid'ah.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02u8ioZeAEj88UG14Qovb1c7HVa9gqtYiFVMLFC6P8PBjEE7CUAPv7yBRFWSJgzUZ7l&id=100063495759389


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive