Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, October 27, 2023

Timbangan Kebenaran Bukan Dengan Perasaan

Timbangan Kebenaran Bukan Dengan Perasaan
Bismillah...

Kadang sebagian orang, menimbang kebenaran suatu amalan dalam agama dengan perasaannya. Kalau perasaannya enak, tenang, nyaman, tentram dan sesuai hawa nafsunya serta masuk akalnya, mereka amalkan. Kalau tidak, mereka tinggalkan.

Berkata Syeikh Al-Albani rahimahullah :

الدين ليس بالعقل ولا بالعاطفة إنما بإتباع أحكام الله في كتابه وأحكام رسوله في سنته وفي حديثة سلسلة الهدي والنور٥٣٠

Agama itu bukan dengan akal dan bukan dengan perasaan, akan tetapi dengan mengikuti hukum-hukum Allah di dalam kitab-Nya, dan hukum-hukum rasul-Nya di dalam sunnahnya, dan di dalam haditsnya. (Kaset: Silsilah Al-Huda wa An-Nur 530).

Untuk itu, agama kita melarang seseorang membuat suatu keyakinan atau ibadah menurut akal dan perasaannya. Namun wajib untuk mengikuti petunjuk Nabi shollallahu 'alaihi wasallam

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:

ليس لأحد أن يضع للناس عقيدة ولا عبادة من عنده ، بل عليه أن يتبع ولا يبتدع ، ويقتدي ولا يبتدي

"Tidaklah seorangpun diizinkan membuat aqidah maupun ibadah yang bersumber dari pikiran dan perasaannya pribadi. Bahkan (wajib) atasnya untuk  ittiba (mengikuti petunjuk Nabi shollallahu 'alaihi wasallam) bukan ibtida' (membuat perkara baru/mengada-ada), (wajib) meneladani (jalan beliau) dan bukan memulai (membuat perkara baru)" (Majmu' Fatawa 11/490).

Maka dari itu, seandainya kebenaran suatu amalan dalam agama ini ditimbang dengan perasaan, maka semua ahlul bid'ah berada diatas kebenaran. 

Berkata Syeikh Utsaimin rahimahullah :

لو كان الدين بالعاطفة لكان جميع أهل البدع على حق ! » |[ اللقاء الشهري ( ٣٣ ) ]|

Seandainya agama itu dengan PERASAAN, sungguh semua AHLUL BID'AH berada di atas KEBENARAN. (Al Liqausy Syahrii 33).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02rzSir82coKPsBtn9sLDY6a8YHA1Aw74RWJuuzGwBjZF3eJUwP9PzpryY6c2tyE4Wl&id=100009878282155


AFM


https://m.facebook.com/kangfadhelmajalengka/photos/a.904451986557975/977220279281145/?type=3

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive