Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, November 19, 2023

Hadits : Tiga Bentuk Pengabulan Sebuah Do'a

Hadits : Tiga Bentuk Pengabulan Sebuah Do'a
Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Dari sahabat Abu Sa’id al-Khudri rodhiyallahu ‘anhu, Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ู…َุง ู…ِู†ْ ู…ُุณْู„ِู…ٍ ูŠَุฏْุนُูˆ ุจِุฏَุนْูˆَุฉٍ ู„َูŠْุณَ ูِูŠู‡َุง ุฅุซْู…ٌ، ูˆَู„ุงَ ู‚َุทِูŠุนَุฉُ ุฑَุญِู…ٍ؛ ุฅِู„ุงَّ ุฃَุนْุทَุงู‡ُ ุจِู‡َุง ุฅِุญْุฏَู‰ ุซَู„َุงุซٍ: ุฅِู…َّุง ุฃَู†ْ ูŠُุนَุฌِّู„َ ู„َู‡ُ ุฏَุนْูˆَุชَู‡ُ، ูˆَุฅِู…َّุง ุฃَู†ْ ูŠَุฏَّุฎِุฑَู‡َุง ู„َู‡ُ ูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ، ูˆَุฅِู…َّุง ุฃَู†ْ ูŠَุตْุฑِูَ ุนَู†ْู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ุณُّูˆْุกِ ู…ِุซْู„َู‡َุง. ู‚َุงู„ُูˆุง: ุฅุฐًุง ู†ُูƒْุซِุฑُ. ู‚َุงู„َ: ุงู„ู„ู‡ُ ุฃَูƒْุซَุฑُ

Tidaklah seorang muslim berdo’a dengan sesuatu pun, selama (do’anya) tidak mengandung dosa atau memutus silaturahmi, kecuali Alah akan memberinya salah satu dari tiga hal:

▶️ disegerakan baginya pengabulannya,

▶️ atau disimpan baginya di akhirat,

▶️ atau dihindarkan darinya bencana atau keburukan yang semisal dengannya.”

(Ketika mendengar hadits ini) para sahabat bertanya, “Kalau demikian (yakni setiap orang yang berdo’a pasti akan mendapatkan salah satu dari tiga hal tersebut), kami akan memperbanyak do’a..”

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Sungguh, pengabulan Allah subhanahu wa ta’ala lebih banyak daripada do’a kalian..

(HR. Ahmad no. 11133)

Shohih at-Targhib wa at-Tarhib no. 1633

======๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด======

๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/65131

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive