Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, November 2, 2023

Orang Yang Paling Menderita di Akhirat

Orang Yang Paling Menderita di Akhirat
Bismillah...

Allah itu menutupi aib, menunggu taubat, mengampuni dan menghapus kesalahan..

Sedangkan tabiat manusia, menyebarkan cela, tak menanti penyesalan, sulit memaafkan dan meminta ganti rugi..

Karena itu hendaknya kita berhati-hati dengan dosa kepada sesama manusia. Dan mari kita merenung sejenak dan mengiingat kembali siapa saja orang-orang yang pernah kita dzalimi, baik itu yang menyangkut kehormatan, harta dan darahnya..

Jika kita masih ingat, maka segeralah kita selesaikan sekarang, selagi masih ada waktu, selagi masih ada kesempatan, selagi kita masih hidup..

Segeralah dengan mengembalikan haknya, menggantinya, meminta maaf atau meminta kehalalan atas kedzaliman yang pernah kita perbuat..

Karena jauh lebih ringan menunaikan hak-hak orang lain ketika kita masih di dunia, dari pada kita harus mempertanggung jawabkannya di akhirat nanti..

Dari Abdullah bin Umar رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُما berkata, Rasulullah ﷺ bersabda,

الظلم ظلمات يوم القيامة

Kedzaliman adalah kegelepan pada Hari Kiamat”.

```(Muttafaq ‘alaih)```

Sufyan Ats Tsauri رحمه الله juga berkata,

لأنْ تلقى الله تعالى بسبعين ذنباً فيما بينك وبينه؛ أهونُ عليك من أن تلقاه بذنب واحد فيما بينك وبين العباد

Seandainya engkau bertemu Allah dengan membawa 70 dosa yang kaitannya antara engkau dan Allah, maka itu lebih ringan daripada engkau bertemu Allah dengan membawa 1 dosa yang kaitannya antara engkau dengan manusia”.

```(lihat: Tanbih al Ghofilin, hal. 380)```

Sangat mudah bagi Allah untuk mengampuni dosa-dosa kita. Sebab Dia Tuhan yang Maha Pengampun lagi Penyayang. Adapun dosa kepada manusia, bila dia memaafkanmu, maka alhamdulillah. Namun bila tidak, maka harus ada sidang di akhirat dan engkau harus mengembalikan hak mereka yang kau dzalimi..

Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, jauhkan kami dari kegelapan dan kebangkrutan di akhirat dan berikanlah kami kemudahan untuk mengembalikan hak serta meminta maaf kepada saudara kami sekiranya kami pernah berbuat dzalim..


✍🏼 Habibie Quotes

Ig - www.instagram.com/habibiequotes_

Tg - https://t.me/habibiequotes

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive