Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, December 16, 2023

Hukum Asuransi Dalam Tiket (Transportasi)

Hukum Asuransi Dalam Tiket (Transportasi)
Bismillah...

Mau safar naik pesawat, kereta,atau kapal laut, bahkan mobil pribadipun kita bayar asuransi kecelakaan, dan asuransinyapun yang konvensional.

Para ulama' telah memfatwakan bahwa asuransi semacam itu riba....

Tidak ada cara untuk menghindari asuransi tersebut, maka dari itu anda tetap boleh bepergian dengan moda transportasi tersebut walau akhirnya dari uang tiket yang bayarkan ada komponen asuransi yang jelas jelas riba.

Dalam hidup kita sehari hari ada hal semisal yang tidak bisa dihindari, hanya ada satu pilihan, yaitu bersabar dan memilih yang paling minimal keharamannya, sehingga anda tidak boleh menambah asuransi selain yang sudah include dalam harga tiket.

Diantara yang tidak bisa anda hindari adalah pemilihan pemimpin, anda ikut atau tidak ikut dalam proses pemilihan, pemimpin negri ini akan dipilih dengan sistem demokrasi, maka dari itu hanya sikap yang sepatutnya anda lakukan yaitu menggunakan hak suara untuk memilih yang paling minim keburukannya.

Setelah berusaha, maka selanjutnya anda berdoa memohon agar Allah memilihkan pemimpin yang terbaik untuk negri kita, selanjutnya ucapkan Aamiin sebagai penutup doa anda dan jangan engkau ucapkan qubul karena qubul itu artinya kemaluan, dan qabul itu artinya penerimaan, sehingga tidak sesuai dengan doa, sedang aamiin itu artinya kabulkanlah, jadi yang paling sesuai untuk mengakhiri setiap doa ya Aamiin.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02ebDMYQHNHhgiu9j2Y6amV3rjcpHKzqASM82w3XiivHRxKyciPJ4z81sHWCsYmP8ql&id=100044302190144

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive