Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, December 28, 2023

Perputaran Jarum Jam Pada Porosnya..

 

jangan pernah menunda-nunda untuk bertaubat
Bismillah...

"Bukankah setiap perputaran jarum jam pada porosnya sejatinya adalah umur kita yang kian menua?"

Tidakkah angka demi angka kalender yang kita lewati, Pekan, Bulan yang telah selesai kita jalani dan pergantian tahun demi tahun yang berlalu sebenarnya hanya mengantar kita semakin dekat ke liang lahat ?

Tahun-tahun berlalu, hari-hari berganti, waktu terlewati, lihat malaikat maut telah mencabut teman-teman kita, saudara kita, bahkan mungkin pula keluarga kita. Lalu belum cukupkah hal itu untuk kita jadikan pelajaran dan renungan ? Hasan Al-Bashri rahimahullah mengatakan,

ابن آدم إنما أنت أيام كلما ذهب يوم ذهب بعضك

Wahai manusia, sesungguhnya kalian hanyalah kumpulan hari. Tatkala satu hari itu hilang, maka akan hilang pula sebagian dirimu.” (Hilyatul Awliya’, 2: 148) Maka dengan demikian pantaskah bila satu hari itu hilang lalu kita mengisinya dengan maksiat, dosa dan foya-foya, kemudian setelah itu berharap agar usia panjang dan mendapat tempat terbaik di surga-Nya ???? 

Demi Allah, tak ada jaminan bahwa usia kita akan panjang, maka jangan pernah menunda-nunda taubatmu. Sebab ajal datang tak harus menunggu taubatmu. Maka siapkan bekal amal sholehmu sebelum semua terlambat... Syaikh Bin Baz rahimahullah berkata : 

قد يكون الأجل قد قرب ودنا وأنت في غفلة، قد يصبح الإنسان ولا يمسي ولا يصبح، وقد ينام ولا يقوم، فَالعاقل والحازم ه‍و الذي يعد العدة دائماً ويكون دائماً على حذر وإعدادٍ لآخرة

Bisa jadi ajal itu sudah dekat sementara engkau masih lalai, banyak orang yang di waktu pagi tidak mendapati waktu sore, masih di waktu sore namun tidak mendapati waktu pagi, ada yang tidur tidak bangun-bangun. Orang yang cerdas dan brilian akan selalu bersiap-siap dan berhati-hati dan persiapan menuju akhirat” (Syarh Riyadushsholihin 1/245) 


Reposted ✍ Habibie Quotes

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive