Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, January 8, 2024

Senantiasa Berniat Kepada Kebaikan

Senantiasa Berniat Kepada Kebaikan
Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Salim bin ‘Abdillah bin ‘Umar menulis surat kepada ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz, rohimahumullah,

”ูุฅู† ู†ูˆูŠุช ุงู„ุญู‚ّ ูˆุฃุฑุฏุชู‡ ุฃุนุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡، ูˆุฃุชุงุญ ู„ูƒ ุนู…ุงู„ุงً، ูˆุฃุชุงูƒ ุจู‡ู… ู…ู† ุญูŠุซ ู„ุงุชุญุชุณุจ، ูุฅู† ุนูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู‚ุฏุฑ ุงู„ู†ูŠّุฉ، ูู…ู† ุชู…ุช ู†ูŠุชู‡ ููŠ ุงู„ุฎูŠุฑ ุชู… ุนูˆู† ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡، ูˆู…ู† ู‚ุตุฑุช ู†ูŠุชู‡ ู‚ุตุฑ ู…ู† ุงู„ุนูˆู† ุจู‚ุฏุฑ ู…ุง ู‚ุตุฑ ู…ู†ู‡. ูˆุงู„ุณู„ุงู…”

Apabila kamu berniat kepada kebenaran dan menginginkannya, maka Allah akan membantumu kepada kebenaran tsb dan memberimu orang-orang yang akan membantumu kepada kebenaran tsb,, karena bantuan Allah itu sesuai niatmu..

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Siapa yang berniat kepada kebaikan maka Allah akan membantunya, dan siapa yang kurang niatnya kepada kebaikan maka berkurang juga bantuan Allah sesuai kekurangan niatnya..

[ Az Zuhd Lil Ahmad bin Hanbal ]

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Menjaga niat adalah perkara yang tak mudah..

Namun pengaruhnya amat besar dalam kehidupan..

Seseorang akan berbuat sesuai dengan niatnya..

Siapa yang niatnya lurus maka akan menimbulkan perbuatan yang baik..

Sebaliknya perbuatan-perbuatan yang buruk, adalah akibat dari niat-niat yang buruk..


Ditulis oleh, Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰


๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/59107


=====๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด=====

Namun terkait ibadah, niat yang baik harus disertai amalan yang benar, amalan yang disyariatkan dan disunnahkan. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

ู…َู†ْ ุนَู…ِู„َ ุนَู…َู„ุงً ู„َูŠْุณَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฃَู…ْุฑُู†َุง ูَู‡ُูˆَ ุฑَุฏٌّ ». (ุฑูˆุงู‡ ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡).

Barangsiapa beramal dengan suatu amalan, yang tidak ada perintahnya dari kami, maka amalan tersebut tertolak. (HR. Bukhari Muslim).

Dan Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

ู…َู†ْ ุฃَุญْุฏَุซَ ูِู‰ ุฃَู…ْุฑِู†َุง ู‡َุฐَุง ู…َุง ู„َูŠْุณَ ู…ِู†ْู‡ُ ูَู‡ُูˆَ ุฑَุฏٌّ ». (ุฑูˆุงู‡ ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡).

Barangsiapa mengada-adakan perkara baru dalam urusan (agama) kami ini, apa yang tidak ada darinya (perintahnya) maka dia (amalan tersebut) tertolak. (HR. Bukhari Muslim).

Berkata Al Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah ketika menjelaskan mengenai firman Allah,

ู„ِูŠَุจْู„ُูˆَูƒُู…ْ ุฃَูŠُّูƒُู…ْ ุฃَุญْุณَู†ُ ุนَู…َู„ًุง

Supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.” (QS. Al Mulk: 2),

ุฃَุฎْู„َุตُู‡ُ ูˆَุฃَุตْูˆَุจُู‡. ู‚َุงู„ُูˆุง : ูŠَุง ุฃَุจَุง ุนَู„ِูŠٍّ ู…َุง ุฃَุฎْู„َุตُู‡ُ ูˆَุฃَุตْูˆَุจُู‡ُ ؟ ู‚َุงู„َ : ุฅู†َّ ุงู„ْุนَู…َู„َ ุฅุฐَุง ูƒَุงู†َ ุฎَุงู„ِุตًุง ، ูˆَู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ุตَูˆَุงุจًุง ، ู„َู…ْ ูŠُู‚ْุจَู„ْ ، ูˆَุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ุตَูˆَุงุจًุง ูˆَู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ุฎَุงู„ِุตًุง ู„َู…ْ ูŠُู‚ْุจَู„ْ ، ุญَุชَّู‰ ูŠَูƒُูˆู†َ ุฎَุงู„ِุตًุง ุตَูˆَุงุจًุง ูˆَุงู„ْุฎَุงู„ِุตُ : ุฃَู†ْ ูŠَูƒُูˆู†َ ู„ِู„َّู‡ِ ، ูˆَุงู„ุตَّูˆَุงุจُ : ุฃَู†ْ ูŠَูƒُูˆู†َ ุนَู„َู‰ ุงู„ุณُّู†َّุฉِ. “ู…ุฌู…ูˆุน ุงู„ูุชุงูˆู‰” (1/ 333) ُ

(yaitu amalan) yang paling ikhlas dan paling benar.” Ada yang bertanya, “Wahai Abu Ali apa yang dimaksud paling ikhlas dan paling benar?” 

Al-Fudhail menjawab, “Jika amalan itu ikhlas namun tidak benar maka tidak diterima. Jika benar namun tidak ikhlas maka juga tidak diterima. Amalan yang diterima adalah yang menggabungkan antara ikhlas dan benar. Ikhlas adalah beramal karena Allah dan benar adalah sesuai sunnah.” (Majmu’ Fatawa, 3:124).

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive