Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, March 7, 2024

Menyambut Kedatangan Bulan Ramadhan (Bag.2)

Menyambut Kedatangan Bulan Ramadhan (Bag.2)
Bismillah...

✒️Prof. DR. Umar ibnu Abdillah Al-Muqbil حفظه الله تعالى 

Wahai kaum muslimin..

Dikarenakan inilah dahulu para Generasi Salaf terdahulu menjadikan bulan Sya'ban menjadi sarana untuk melatih diri sebelum masuk dalam medan perlombaan, pintu gerbang telah terbuka lebar untuk memasuki babak perjuangan, sebagaimana kuda-kuda yang tidak terlatih, tidak akan pernah menyelesaikan perlombaan yang baik sebagaimana yang diharapkan, bahkan bisa jadi ia akan berhenti di tengah perjalanan..

Dan yang demikian banyak dipraktikkan oleh kebanyakan manusia, mereka semangat di permulaan bulan Ramadhan, namun terjadi kemunduran pada pertengahan bulan bahkan hingga akhir bulan Ramadhan.!!

Demikian juga sebahagian manusia berhati-hati pada permulaan bulan Ramadhan hingga tidak terasa telah melewati seperempat, bahkan sepertiga bulan, namun mereka masih dalam kondisi melatih membiasakan diri, hingga mereka kehilangan kebaikan yang sangat banyak..

Oleh karena itu, tatkala syariat sholat merupakan ibadah yang agung, maka Allah ﷻ menjadikan amalan-amalan tertentu sebagai pendamping dan pendahulu, seperti disyari’atkan Adzan, disyari’atkan berjamaah dimasjid, disyari’atkan sholat sunnah Rowatib, baik sebelum atau sesudahnya, hingga seorang hamba benar-benar terkondisikan untuk mengerjakan ibadah agung ini, yang merupakan kewajiban fardhu yang paling wajib, hingga meminimalkan dari segala dampak kekurangan yang sekiranya terjadi..

Adapun orang-orang yang cerdik, ia dapat mengetahui nilai keagungan waktu dan nilai kemuliaan hidup nya, serta mengagungkan musim kebajikan untuk akhirat nya, dan mempersiapkan diri untuknya dari sekarang dan mengkondisikan hati untuk menyambut kemuliaan dari Allah ﷻ dengan hati yang bersih, meninggalkan bersibuk dari kelezatan dunia untuk melakukan ketaatan-ketaatan..

Diantara perkara yang dapat membantu seseorang untuk merealisasikan anjuran diatas adalah : Senantiasa menyelesaikan urusan dan hajat yang sekiranya menyibukkan ketika bulan Ramadhan dari sekarang, diantaranya yang paling menonjol dari kaum lelaki dan perempuan adalah sibuk menyiapkan hari lebaran dan segala kebutuhannya, hingga di pertengahan bulan Ramadhan ia menyibukkan diri dari perkara ini, seolah olah hari lebaran datang sekonyong konyong..


♻️ BERSAMBUNG  اإن شآء الله


Dalam Naungan Ilmu Kumpulan Catatan Ustadz Rochmad Supriyadi, Lc


•═════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════•

🌐 https://bbg-alilmu.com

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive