Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, January 6, 2023

Akibat Perbuatan Dosa

Akibat Perbuatan Dosa
Bismillah...

• Kurz bin Wabirah رحمه الله, suatu hari didapatkan sedang menangis. Kemudian ketika dia ditanya apa penyebabnya, maka dia pun berkata, "Tadi malam aku gagal membaca al-Qur'an seperti biasanya, itu semuanya gara-gara satu dosa yang telah aku kerjakan". 

```(Shifatus Shafwah III/122)```

• Muhammad bin Sirin رحمه الله berkata, "Sesungguhnya aku mengetahui sebuah dosa yang membuatku pada saat ini terlilit hutang...! 40 tahun yang lalu aku pernah memanggil seseorang dengan ucapan, 'Wahai orang yang bangkrut !'. 

Lalu aku ceritakan perkara tersebut kepada Abu Sulaiman ad-Darini رحمه الله, kemudian beliau pun berkata, "Dosa mereka sedikit, sehingga mereka mengetahui dosa manakah yang telah menyebabkan datangnya musibah yang menimpa mereka. Sedangkan dosaku dan dosamu banyak, sehingga kita tidak tahu dosa manakah yang menyebabkan datangnya musibah yang telah menimpa kita". 

```(Shifatus Shafwah III/246)```

• Sufyan ats-Tsauri رحمه الله berkata,

حرمت قيام الليل بذنب أحدثته منذ خمسة أشهر

"Aku tidak dapat melaksanakan qiyamul lail disebabkan oleh dosa yang aku lakukan sejak lima bulan lalu".

```(Al-Hilyah VII/17)```

• Imam Ibnul Qayyim رحمه الله berkata,

لا تغترّ إذا لم تر أثر ذنبك في حينه، فقد تجد أثره بعد أربعين سنة !

"Janganlah engkau tertipu saat engkau tidak mendapati pengaruh atas dosamu waktu engkau melakukan dosa itu. Terkadang engkau akan merasakan pengaruhnya setelah 40 tahun". 

```(Ad-Daa' wad Dawaa' hal 130)```

Masihkah engkau terus saja melakukan dosa dan maksiat !!?

 Bertaubatlah...!!!


✒️Ustadz Najmi Umar Bakkar حفظه الله تعالى


🌐 https://telegram.me/najmiumar


Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive