Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, January 18, 2023

BAHAYANYA Berbuat Bid'ah!!!

BAHAYAnya Berbuat Bid'ah!!!
Bismillah...

Bid’ah adalah setiap keyakinan, ataupun perkataan serta perbuatan dalam rangka beribadah kepada Allah Ta’ala yang tidak ada contoh & juga dalil yang mendukung pensyari’atannya dari Rasul ﷺ dan para sahabatnya radhiyallahu Ta'ala 'anhum.

(1). Rasul صلى الله عليه و سلم bersabda :

"Jauhilah segala perkara baru (di dalam agama ini), karena sesungguhnya setiap perkara baru (di dalam agama ini) adalah bid’ah, & setiap bid’ah adalah sesat" (HR. Abu Dawud no. 4607, dan at-Tirmidzi no. 2678, Ibnu Majah no. 43, Ahmad IV/126, Ibnu Hibban no. 102, & al-Hakim I/95-97, lihat Irwaa-ul Ghaliil VIII/107 no. 2455, hadits dari 'Irbaadh bin Saariyah)

(2). Ibnu Abbas رضي الله عنهما berkata :

"Tidaklah datang (suatu masa) kepada manusia, melainkan mereka membuat bid'ah di dalamnya dan akan mematikan Sunnah, sehingga maraklah perbuatan bid'ah dan matilah Sunnah" (Al-I'tisham I/87 oleh Imam asy-Syaathibi)

(3). Imam al-Auza'i رحمه الله berkata :

إذا ظهرت البدع فلم ينكرها أهل العلم صارت سنة

"Jika muncul suatu bid'ah namun orang yang memiliki ilmu tidak mengingkarinya, niscaya (bid'ah) tersebut akan dianggap sunnah" (Syarafu Ashhabil Hadits hal 17)

بلغني أن من ابتدع بدعة ضلالة آلفه الشيطان العبادة، أو ألقى عليه الخشوع و البكاء كي يصطاد به، كما نقل عن الخوارج

"Telah sampai kepadaku bahwasanya barangsiapa melakukan suatu bid'ah yg sesat, maka syaitan akan menjadikannya semangat untuk beribadah, atau syaithan pun akan menjadikannya merasa khusyu' dan banyak menangis, supaya syaitan itu bisa menjerat korban lain melalui orang tersebut (dengan menjadi pembelanya dan menjadi pengikutnya), sebagaimana diriwayatkan tentang keadaan kelompok Khawarij" (Al-I'tishaam I/22)

(4). Imam Malik رحمه الله berkata :

من ابتدع في الإسلام بدعة يراها حسنة ، فقد زعم أن محمدا صلى الله عليه وسلم خان الرسالة ، لأن الله يقول : {اليوم أكملت لكم دينكم} ، فما لم يكن يومئذ دينا فلا يكون اليوم دينا

"Barangsiapa yg telah melakukan bid’ah dalam Islam yang dianggapnya itu baik (hasanah), maka sungguh dia itu berarti menganggap (Nabi-Nya) Muhammad ﷺ telah mengkhianati risalah, karena Allah Ta’ala berfirman : "Pada hari ini Aku telah menyempurnakan agama kalian untuk kalian" (QS. Al-Maidah [5]: 3). Karena itu perkara apa saja yg pada masa itu (saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hidup) tidak dianggap (sebagai bagian dari) agama, maka pada hari ini pun dia tidak (boleh) dianggap sebagai (bagian dari) agama" (Al-I’tishaam I/49)


Ustadz Najmi Umar Bakkar

https://telegram.me/najmiumar

Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive