Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, January 24, 2023

JIHAD Berdakwah di Jalan Allah

JIHAD Berdakwah di Jalan Allah
Bismillah...

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا وإن الله لمع المحسنين

"Dan orang-orang yang berJIHAD di jalan Kami maka benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami (di dunia dan akhirat) dan sesungguhnya (pertolongan) Allah akan selalu menyertai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Al-Ankabut: 69)

Al-Imam Ar-Rabi’ bin Anas Al-Khurasani (139 H) rahimahullah berkata,

"Tidaklah seorang hamba di bumi ini menaati Allah, berdakwah menyeru manusia kepada jalan-Nya serta mencegah manusia dari melanggar perintah-Nya, melainkan dia sedang berJIHAD di jalan Allah." (Tafsir Ibnu Abi Hatim 9/308)

Siapa yang menuntut ilmu tujuannya membela agama Allah, berdakwah dengan cara yang hikmah, menjelaskan yang haq dari yang batil, mengajak kepada tauhid dan sunnah, memperingatkan manusia dari bahaya syirik dan bid'ah, maka dia termasuk orang yang berJIHAD fi sabilillah.

Tegaknya Agama dengan Mengajak Pada Kebaikan dan Mencegah Kemungkaran

Allah ﷻ berfirman,

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنْ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma´ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS:Ali Imran | Ayat: 110).

Dan firman-Nya,

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنْ الْمُنْكَرِ وَأُوْلَئِكَ هُمْ الْمُفْلِحُونَ

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma´ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS:Ali Imran | Ayat: 104).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02Ym8mUozxLRMjpHa2XSkRRYkwJK4xp2PgLqrYyEAnpQfjEZjJMD7dnzR8oZHQx4Arl&id=100001764454087

https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive