Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, February 11, 2023

Menghambat Virus Rabies Bid'ah

Menghambat Virus Rabies Bid'ah
Bismillah...

BID'AH dan AHLUL BID'AH adalah virus yang membahayakan. Penularannya seperti wabah rabies yang begitu masif dan mengerikan efek dampaknya. Banyak orang jadi gila akibat dari gigitannya. 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وإنه سيخرجُ من أمتي أقوامٌ تتجارى بهم الأهواءُ ، كما يتجارَى الكلبُ بصاحبِه ، ولا يبقَى منه عرقٌ ولا مِفصَلٌ إلا دخلَه

Sesungguhnya akan keluar dari umatku beberapa kaum, akan menjalar di tengah mereka penyakit hawa nafsu BID'AH, sebagaimana menjalarnya penyakit ANJING GILA pada penderitanya. Tidak menyisakan satu urat ataupun persendian kecuali penyakit ini akan memasukinya.” (Shahih At-Targhib 51 : Hadits Hasan).

Berkata Imam Asy-Syathibi rahimahullah :

وجه تشبيه الهوى وعدواه بداء الكلب وبيان ذلك أن داء الكلب فيه ما يشبه العدوى، فإن أصل الكَـَلب واقع بالكلب، ثم إذا عض ذلك الكلب أحدا صارمثله، ولم يقدر على الإنفصال منه في الغالب إلا بالهلكة ‏ فكذلك المبتدع إذا أورد على أحد رأيه وإشكاله فقلما يسلم من طائلته، بل إما أن يقع معه في مذهبه ويصير من شيعته، وإما أن يثبت في قلبه شكا يطمع في الإنفصال منه فلا يقدر.

"Ada sisi kemiripan antara hawa nafsu dan penularannya dengan penyakit ANJING GILA. Bahwasanya penyakit anjing gila itu mirip dengan wabah penyakit. Karena sesungguhnya asal penyakit anjing gila itu adalah terjadi pada anjing. Jika anjing tersebut menggigit seseorang, ia akan menjadi gila juga semisal itu. Dan kebanyakan ia tidak bisa terbebas darinya, kecuali dengan kematian.

Demikian juga AHLUL BID'AH, jika ia menularkan pemikirannya atau syubhatnya kepada seseorang, maka sedikit sekali yang bisa selamat dari pengaruhnya. Bahkan terkadang ia akan bergabung bersamanya dalam madzhabnya sehingga ia menjadi golongannya (ahli bidah). Terkadang (bidahnya) akan akan bercokol di dalam hatinya dalam bentuk keragu-raguan, ia ingin terbebas darinya tapi ia tidak mampu.[Al-I’tisham 2/267-268, 227]. 

Sumber : https://altawhad.wordpress.com/2016/04/18/تتجارى-بهم-الأهواء/ 

Agar wabah virus bid'ah ini tidak tersebar, maka hendaklah bersegera untuk mematikannya dengan menghidupkan sunnah.

Berkata Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma :

مَا أَتَى عَلَى النَّاسِ عَامٌ إِلا أَحْدَثُوا فِيهِ بِدْعَةً، وَأَمَاتُوا فِيهِ سُنَّةً، حَتَّى تَحْيَى الْبِدَعُ، وَتَمُوتَ السُّنَنُ

Setiap tahun ada saja orang yang membuat BID'AH dan mematikan SUNNAH, sehingga yang hidup adalah bid’ah dan sunnah pun mati.” (HR. Ath Thobroniy dalam Al Mu’jam Al Kabir).

Berkata Hasan bin ‘Athiyah rahimahullah:

ما ابتدع قوم بدعة في دينهم إلا نزع الله من سنتهم مثلها ولا يعيدها إليهم إلى يوم القيامة

Tidaklah suatu kaum melakukan suatu perkara yang diada-adakan dalam urusan agama mereka (BID'AH) melainkan Allah akan mencabut suatu SUNNAH yang semisal dari lingkungan mereka. Allah tidak akan mengembalikan sunnah itu kepada mereka sampai kiamat” (Lammud Durril Mantsur, hal. 21).

Berkata Imam Bukhari rahimahullah :

أَفْضَلُ الْمُسْلِمِينَ رَجُلٌ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَنِ الرَّسُولِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قَدْ أُمِيتَتْ، فَاصْبِرُوا يَا أَصْحَابَ السُّنَنِ رَحِمَكُمُ اللَّهُ فَإِنَّكُمْ أَقَلُّ النَّاسِ.

Muslim yang paling utama adalah seorang yang menghidupkan kembali satu SUNNAH yang sudah mati dari sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Maka bersabarlah kalian wahai Ahlussunnah, semoga Allah merahmati kalian, karena sesungguhnya kalian adalah manusia yang paling sedikit. (Al-Jami li akhlaaqi Ar-Rawi wa aadaab As-Sami’ 1/112). 

Mari ya ikhwah, semangat menghidupkan sunnah, agar bid'ah mati dan tidak mewabah. Dan ahlul bid'ah semakin meradang dan sesak dada. Dan fitnahan wahabinya tidak laku di pasaran. 

Artikel terkai: BID'AH MENJALAR BEGITU CEPAT == https://www.facebook.com/903924823277358/posts/pfbid02YzgkX7fDvcSyRFMWEqvN3EPrKEMmGccb2FVwHSP9HjAD8Q4Kj1qW9P89tN8dVmJ3l/


https://www.facebook.com/903924823277358/posts/pfbid0bEkrLx64tKydAajAhofM8JJQQwKWjEJPXQqwuidGK96sXJyVfe2jh9GcwJ5Hqgmfl/


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive