Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, March 20, 2023

Ramadhan Besok.. (4)

Marhaban Yaa Ramadhan...
Bismillah...

4. Ramadhan besok Momen untuk Meninggalkan Rokok

Ramadan besok adalah kesempatan emas untuk meninggalkan rokok bagi para perokok, karena rokok itu membatalkan puasa..

Para ulama Mesir yang tergabung dalam Darul Ifta` al-Mishriyyah mengatakan,

التدخين مع كونه عادةً سيئةً محرمةً شرعًا، وتضر بصحة الإنسان، فهو أيضًا مُفْسِدٌ للصوم، موجِبٌ للقضاء؛ لأن الدخان الناتج عن حرق التبغ يتكاثف داخل الأنف وينزل إلى الصدر، فيكون جِرْمًا دخل جوفًا، فيحصل به الفطر

Merokok, selain itu adalah kebiasaan buruk dan diharamkan syariat, juga berbahaya bagi kesehatan, juga membatalkan puasa. Orang yang melakukannya wajib meng-qadha puasa..* 

*Karena tembakau yang terbakar mengembun di dalam hidung dan turun hingga ke dada. Sehingga ia menjadi suatu benda yang ada di dalam kerongkongan. Ini membatalkan puasa.” (Fatwa no. 11328)

Dan merokok hukumnya haram dalam syariat. Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.“ (QS. Al Baqarah: 195).

Nabi ﷺ bersabda,

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain.” (HR. Ahmad I/313 no. 2865, dan Ibnu Majah no. 2431).

Sedangkan rokok, disepakati oleh para ahli kesehatan bahwa ia berbahaya dan mematikan. Allah Ta’ala dalam surat Al-Maidah ketika Allah berfirman kepada Nabi-Nya ﷺ ,

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا أُحِلَّ لَهُمْ قُلْ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ

Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang dihalalkan bagi mereka. Katakanlah, “Dihalalkan bagi mereka semua hal yang baik-baik”.”  (QS. Al Maidah: 4)

Dan Allah Ta’ala juga berfirman,

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ

Dihalalkan bagi kalian semua yang baik-baik dan diharamkan bagi kalian khabaits (yang buruk-buruk).” (QS. Al-A’raf: 157).

Dan rokok termasuk khabaits (perkara yang buruk). Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz رحمه الله mengatakan,

وجميع أنواع التدخين والشيشة من جملة الخبائث الضارة بالإنسان

Semua jenis rokok dan shisha termasuk khabaits (yang buruk-buruk) yang membahayakan manusia”.

Dan merokok juga merupakan kezaliman kepada orang lain. Setiap milimeter kubik asap yang terhirup oleh orang lain, akan dituntut kelak di hari Kiamat. Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ، فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ اليَوْمَ، قَبْلَ أَنْ لاَ يَكُونَ [ص:130] دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ

Orang yang pernah menzalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham. Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezalimannya. Namun, jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zalimi.” (HR. Bukhari no. 2449).

Maka Ramadan besok adalah titik balik bagi para perokok untuk berkomitmen mengucapkan selamat tinggal bagi rokok, demi meraih ridha Allah dan demi keselamatannya di dunia dan akhirat..

Ramadan besok adalah momen terbaik dalam hidup kita. Manfaatkan dengan baik. Siapa tahu, ia adalah Ramadan terakhir kita..


=  S E L E S A I =


✒️Ustadz Yulian Purnama حفظه الله تعالى

•═════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════•

📄Artikel Muslimah.or.id

🌐 https://muslimah.or.id/13146-ramadan-besok.html

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive