Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, March 17, 2023

Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan

Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan
Bismillah...

Ada sebagian orang mengkhususkan ziarah kubur sehari atau dua hari sebelum ramadhan dan ada juga ketika setelah shalat id. 

Mereka berdalih bolehnya mengkhususkan ziarah kubur sebelum ramadhan atau ketika hari raya atau mengkhususkan waktu dan hari tertentu untuk melakukan ibadah, berdasarkan hadits dan penjelasan ulama tentang hadits tersebut. 

Berkata Abdullah Bin Umar radhiallahu anhu, 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ كُلَّ سَبْتٍ مَاشِيًا وَرَاكِبًا

Dahulu Nabi shallallahu alaihi wa sallam datang ke masjid Kuba’ pada setiap hari Sabtu, baik dengan berkendaraan ataupun berjalan kaki. (Riwayat Bukhari). 

Berkata Ibnu Hajar rahimahullah, 

وفي هذا الحديث على اختلاف طرقه دلالة على جواز تخصيص بعض الأيام ببعض الأعمال الصالحه والمداومه على ذلك وفيه أن النهي عن شد الرحال لغير المساجد الثلاثه ليس على التحريم

Hadis ini, dengan jalur-jalurnya yang berbeda, mengandung dalil bolehnya menentukan sebagian hari dengan sebagian amal saleh dan melakukannya secara rutin. Hadis ini juga mengandung dalil, bahwa larangan berziarah ke selain masjid yang tiga, bukan larangan yang diharamkan. (Fathul Bari). 

Namun sayangnya, mereka tidak melanjutkan perkataan Ibnu Hajar rahimahullah di atas. Padahal Ibnu Hajar rahimahullah membantah pendalilan dengan hadits tersebut untuk mengkhususkan ziarah kubur atau ibadah lainnya yang tidak dikhususkan oleh syariat. Kunjungan beliau hanya untuk menyambung hubungan dengan kaum anshar. 

Berkata Ibnu Hajar rahimahullah, 

وفي هذا الحديث على اختلاف طرقه دلالة على جواز تخصيص بعض الأيام ببعض الأعمال الصالحه والمداومه على ذلك وفيه أن النهي عن شد الرحال لغير المساجد الثلاثه ليس على التحريم لكون النبي صلى الله عليه و سلم كان يأتي مسجد قباء راكبا وتعقب بأن مجيئه صلى الله عليه و سلم إلى قباء إنما كان لمواصلة الأنصار وتفقد حالهم وحال من تأخر منهم عن حضور الجمعة معه وهذا هو السر في تخصيص ذلك بالسبت

Di dalam hadits ini dengan perbedaan jalan sanadnya terdapat dalil atas bolehnya mengkhususkan sebagian hari dengan sebagian amal shaleh dan merutinkannya. Di dalam hadits ini juga terdapat keterangan bahwa larangan bepergian ke selain tiga masjid (Masjidil Haram, Masjid an-Nabawi dan Masjidil Aqsha) tidaklah haram (tetapi hanya makruh, pen), karena Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mendatangi Masjid Quba’ dengan berkendara. Dan PENDALILAN ini dibantah dengan bantahan bahwa kedatangan beliau shallallahu alaihi wasallam ke Quba’ hanyalah dalam rangka MENYAMBUNG DENGAN KAUM ANSHAR dan menanyakan keadaan mereka, serta keadaan orang-orang yang berhalangan hadir dari kalangan mereka dalam menghadiri shalat Jumat bersama beliau (di Masjid Nabawi, pen). Inilah rahasia beliau mengkhususkan hari sabtu dengan kegiatan tersebut.” (Fathul Bari Syarh Shahihil Bukhari: 3/69-70). 

Sumber : https://hadeethenc.com/ar/browse/hadith/3443 

Berkata al-Allamah Syihabuddin al-Qasthalani asy-Syafi’i rahimahullah,

وخص السبت لأجل مواصلته لأهل قباء وتفقد حال من تأخر منهم عن حضور الجمعة معه في مسجده بالمدينة

Beliau mengkhususkan hari Sabtu (untuk ke Quba’) dalam rangka menyambung hubungan dengan penduduk Quba’ dan menanyakan keadaan mereka yang berhalangan hadir dalam shalat Jumat bersama beliau di masjid beliau di Madinah.” (Irsyadus Sari li Syarh Shahihil Bukhari: 2/346).

Bahasan terkait: Salafi anti ziarah kubur, melarang dan membi'dahkannya?

Dalil berikutnya yang menjadi hujjah mereka, bahwa bolehnya pengkhususan untuk ziarah kubur atau ibadah lainnya adalah hadits berikut ini. 

Berkata Husain Bin Ali radhiyallahu anhu, 

أن فاطمة بنت النبي صلى الله عليه و سلم كانت تزور قبر عمها حمزة كل جمعة فتصلي و تبكي عنده

Fathimah putri Nabi shallallahu alaihi wa sallam selalu berziarah ke makam pamannya, Hamzah, setiap hari Jumat, lalu menunaikan shalat dan menangis di sampingnya. (Riwayat Al Hakim). 

Berkata Adz-Dzahabiy rahimahullah 

هذا منكر جدا وسليمان ضعيف

(Riwayat) ini sangat munkar, dan Sulaimaan seorang yang dla’iif” [1/377].

Sumber : https://www.fnoor.com/main/articles.aspx?article_no=18798#.ZBOhwah8o0M 

Dan beliau rahimahullah juga berkata, 

سليمان مدني تكلم فيه

Sulaimaan, madaniy (orang Madiinah), seorang yang diperbincangkan” [3/28]. 

Sumber : https://www.fnoor.com/main/articles.aspx?article_no=18798#.ZBOhwah8o0M 

Selain itu, hadits tersebut bertentangan dengan dalil shahih, bahwasanya wanita dilarang untuk sering-sering ziarah kubur. Namun kalau sekali-kali dan tidak mengkhususkan hari atau bulan tertentu, maka diperbolehkan. 

Berkata Abu Hurairah radhiyallaahu anhu, 

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَنَ زَوَّارَتِ الْقُبُورِ ".

Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melaknat para wanita yang sering berziarah kubur [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1056; dan ia berkata : “Hadits hasan shahih”]. 

Berkata Ibnu Hajar rahimahullah, 

قال القرطبي هذا اللعن إنما هو للمكثرات من الزيارة لما تقتضيه الصفة من المبالغة ولعل السبب ما يفضي إليه ذلك من تضييع حق الزوج والتبرج وما ينشأ منهن من الصياح ونحو ذلك فقد يقال إذا أمن جميع ذلك فلا مانع من الإذن لأن تذكر الموت يحتاج إليه الرجال والنساء

Al-Qurthubiy berkata : Laknat ini hanyalah berlaku untuk wanita yang sering berziarah kubur, sesuai dengan konsekuensi shighah mubalaghah dalam hadits. Dan barangkali yang menyebabkan hal tersebut adalah adanya penyia-nyiaan hak suami, tabarruj, ratapan, dan yang lainnya. Dan dikatakan juga : Apabila telah aman dari semua hal tersebut, maka tidak ada halangan diijinkannya ziarah kubur, karena mengingat kematian itu dibutuhkan oleh laki-laki dan wanita” [Fathul-Baariy, 3/149]. 


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0g75ruzMsYU9sYUua74nCuGaYGyH4t98SVkw2SDki4vKH5Xh9Xot3XTVUBmNq5rpel&id=903924823277358


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive